Sejarah Singkat Candi Tebing Gunung Kawi

Rahmad Ardiansyah

Candi Tebing Gunung Kawi terletak di Banjar Paneka, Desa Tampaksiring, Kecamatan Tampaksiring, Gianyar, Bali. Candi ini dibangun pada abad ke 11 Masehi pada masa pemerintahan dinasti Udayana (Warmadewa). Candi ini diperkirakan mulai dibangun pada masa kepemimpinan Raja Sri Haji Paduka Dharmawangsa  Marakata Pangkaja Stanattunggadewa (944 – 948 saka atau 1025 – 1049 M) dan berakhir pada kepemimpinan Raja Anak Wungsu (971 – 999 saka / 1049-1080 M).

Prasasti Tengkulak yang menyebutkan angka 945 saka atau 1023 masehi menyebutkan bahwa di tepi Sungai Pakerisan terdapat tempat pertapaan atau kantyangan yang bernama Amarawati. Para ahli arkeolog meyakini bahwa Amarawati adalah sebutan untuk Candi Tebing Gunung Kawi. Sepuluh Candi Gunung Kawi terletak pada tiga titik yaitu lima candi berada di sisi timur Sungai Tukad Pakerisan, dan sisanya tersebar di dua titik di sebelah barat sungai. Lima candi yang berada pada sisi timur Sungai Tukad dianggap sebagai bagian utama dari Candi Tebing Gunung Kawi.

Pada bagian utara dari sisi barat Sungai Tukad Pakerisan, ada emat candi yang berderet dari utara sampai ke selatan serta menghadap ke arah Sungai Tukad Pakerisan. Kemudian terdapat satu candi yang ada di sisi selatan, yang berjarak 200 meter dari candi sebelah utara. Menurut sejarah, Candi Tebing Gunung Kawi merupakan tempat pemujaan bagi Raja Udayana yang dibangun oleh anak keduanya Raja Marakarta. Anak pertamnya menjadi raja kerajaan Kediri menggantikan kakeknya Mpu Sendok. Raja Udayana memiliki tiga anak yaitu Airlangga, Marakarta dan Anak Wungsu.

Dari ke sepuluh candi diperkirakan candi yang berada pada sisi utara sungai dari lima candi di sisi timur sungai merupakan candi tertua. Hal ini dijelaskan dari tulisan Haji Lumah Ing Jalu dari aksara kwadrat pada gerbang candi. Tulisan ini memiliki arti “Sang raja dimakamkan di jalu (Sungai Tukad Pakerisan)” dari tulisan inilah diketahui bahwa candi ini merupakan tempat pemujaan arwah dari Raja Udayana. Keempat candi lain diperkirakan merupakan candi untuk permaisuri serta anak – anak dari Raja Udayana.

Menurut arkeolog Dr. R. Goris, ke empat candi yang berada pada sisi barat sungai merupakan kuil (pedharman) yang diperuntukkan pada keempat selir dari Raja Udayana. Satu candi yang berada di sebelah selatan sungai diduga diperuntukkan pejabat pejabat kerajaan setingkat menteri atau penasehat raja. Menurut beberapa referensi, keberadaan Candi Tebing Gunung Kawi dikaitkan dengan sosok Mpu Kuturan. Mpu Kuturan merupakan seorang utusan Raja AIrlangga untuk Raja Anak Wungsu. Pada perkembangannya Mpu Kuturan dijadikan penasehat raja dan memiliki peran penting pada Kerajaan Bedahulu. Seluruh komplek Candi Tebing Gunung Kawi difungsikan sebagai pura serta sebagai sarana peribadatan oleh keluarga Raja Anak Wungsu. Yang menarik adalah candi Hindu ini terdapat ceruk – ceruk yang dianggap sebagai tempat meditasi umat Buddha. Ceruk tersebut dipahat pada dinding tebing seperti candi Hindu di sekitarnya. Hal inimenunjukkan adanya toleransi umat beragama pada kerajaan Bedahulu.

Bagikan:

Tags

Rahmad Ardiansyah

Perkenalkan, saya Rahmad Ardiansyah, S.Pd. Guru lulusan pendidikan sejarah Universitas Negeri Semarang. Sejak menjadi pelajar saya hobi terkait IT terkhusus pengelolaan blog. Selain mengelola website Idsejarah.net, saya juga menjadi admin web mgmpsejarahsmg.or.id, admin web sma13smg.sch.id sekaligus menjadi salah satu penulis LKS di Modul Pembelajaran MGMP Sejarah SMA Kota Semarang. Saat ini saya sedang menjalankan program Calon Guru Penggerak angkatan 10. Projek web Idsejarah.net saya harapkan akan menjadi media untuk mempermudah guru sejarah dalam mengakses artikel, video, dan media pembelajaran terkait pembelajaran sejarah. Website ini akan terus dikelola dan dikembangkan agar semakin lengkap. Kedepannya besar harapan saya untuk mengembangkan aplikasi android untuk guru sejarah. Selain mengelola website, saya juga aktif mengelola channel Youtube Idsejarah sebagai media berekspresi platform video online.

Leave a Comment

Bantu kami untuk lebih berkembang dengan subcribe channel youtube idsejarah