Rahmad Ardiansyah Guru Sejarah di SMAN 13 Semarang sekaligus penghobi blog

Biografi Sunan Bonang

Sunan Bonang 680x350 1

Sunan Bonang memiliki nama asli Raden Makdum Ibrahim merupakan anak dari Sunan Ampel dengan Dewi Candrawati atau dengan nama lain Nyi Ageng Manila. Sunan Bonang juga merupakan cucu dari Maulana Malik Ibrahim dan adipati Tuban bernama Arya Teja serta keturunan ke 23 dari Nabi Muhammad. Beliau lahir pada tahun 1465 M. Sunan Bonang belajar agama dari Sunan Ampel di Ampel Denta, Surabaya.
Setelah selesai belajar di Ampel, Sunan Bonang melanjutkan belajar ke Samudra Pasai. Disana, Sunan Bonang berguru kepada Syeh Maulana Ishak (Paman Sunan Ampel) beserta ulama besar ahli tasawuf dari Baghdad dan Iran. Sekembalinya dari Samudra Pasai, Sunan Bonang berdakwah keliling ke berbagai daerah diantaranya Lasem, Tuban, Madura dan Pulau Bawean.

Di Kediri, ia melakukan dakwah dimana mayoritas penduduknya beragama Hindu dan mendirikan sebuah masjid bernama Masjid Sangkal Daha. Sunan Bonang menetap di suatu desa kecil di Lasem bernama Desa Bonang. Di desa ini, Sunan Bonang membangun pasujudan dan sekaligus sebagai tempat pesantren. Sunan Bonang juga dikenal sebagai imam resmi pertama Kesultanan Demak dan bahkan sempat menjadi panglima tertinggi Kerajaan Demak. Meskipun demikian, ia masih sempat berkelanan kemana – mana untuk menyebarkan dakwahnya.