Film History of the World in Two Hours

Rahmad Ardiansyah

Sinopsis Film 

Film History of the World in Two Hours benar-benar film yang berkualitas yang menceritakan bumi dalam kurun waktu kurang dari 90 menit. Tidak banyak yang bisa diceritakan secara “keseluruhan cerita” dari 13,7 miliar tahun sejarah bumi. Tetapi dalam film dokumenter ini bisa diperkirakan sejarah singkat namun mendetail mengenai sejarah bumi.

Dari teori Big Bang dan dilanjutkan dengan proses penciptaan ruang, waktu dan gravitasi, film ini menceritakan secara singkat namun lengkap delapan miliar tahun pertama alam semesta yang divisualisasikan dalam bentuk animasi. Perkembangan tersebut meliputi atom dan unsur pertama seperti hidrogen, helium, dan zat besi, kelahiran bintang, pembentukan bumi serta bulan, tanda-tanda awal kehidupan, evolusi tumbuhan, munculnya tanah oksigen amfibi, pemisahan Pangaea ke benua yang berbeda, umur dinosaurus, dan seterusnya.

Keseluruhan sejarah tersebut kemudian mengerucut pada munculnya hominid primata pada kurun waktu sekitar sekitar tujuh miliar tahun yang lalu. Sekitar setengah dari program ini ditujukan untuk sejarah manusia, yang meski hanya menempati sebagian kecil dari 13,7 miliar tahun itu. Manusia menyebar ke seluruh dunia, memanfaatkan api, belajar menggunakan alat dan bahasa, menciptakan pertanian, belajar untuk berpikir secara simbolis dan praktis, berperang, menumbuhkan kerajaan besar, menjadi sangat monoteistik, mengubah peradaban dengan Revolusi Industri (yang menyebabkan listrik, penerbangan, mobil, dan banyak lagi). Adaptasi dengan alam menjadi bagian penting dari sejarah manusia pada saat itu. Film ini sangat dianjurkan untuk pembelajaran awal sejarah tepatnya pada materi masa praaksara dalam pembelajaran mata pelajaran Sejarah Indonesia.

Sumber
Sinopsis merupakan hasil translate dan edit yang bersumber dari https://www.amazon.com/History-World-Two-Hours-Blu-ray/dp/B006QVRW0S oleh Sam Graham

Download Film History of the World in Two Hours bisa didapatkan di web download film seperti Ganool, LK21 dan web lain atau bisa juga WA ke nomer saya di 0895320135663.

Bagikan:

Rahmad Ardiansyah

Perkenalkan, saya Rahmad Ardiansyah, S.Pd. Guru lulusan pendidikan sejarah Universitas Negeri Semarang. Sejak menjadi pelajar saya hobi terkait IT terkhusus pengelolaan blog. Selain mengelola website Idsejarah.net, saya juga menjadi admin web mgmpsejarahsmg.or.id, admin web sma13smg.sch.id sekaligus menjadi salah satu penulis LKS di Modul Pembelajaran MGMP Sejarah SMA Kota Semarang. Saat ini saya sedang menjalankan program Calon Guru Penggerak angkatan 10. Projek web Idsejarah.net saya harapkan akan menjadi media untuk mempermudah guru sejarah dalam mengakses artikel, video, dan media pembelajaran terkait pembelajaran sejarah. Website ini akan terus dikelola dan dikembangkan agar semakin lengkap. Kedepannya besar harapan saya untuk mengembangkan aplikasi android untuk guru sejarah. Selain mengelola website, saya juga aktif mengelola channel Youtube Idsejarah sebagai media berekspresi platform video online.

Leave a Comment

Bantu kami untuk lebih berkembang dengan subcribe channel youtube idsejarah