Rahmad Ardiansyah Guru Sejarah di SMAN 13 Semarang sekaligus penghobi blog

Ciri – Ciri dan Sejarah Meganthropus Paleojavanicus

Meganthropus berasal dari kata Mega yang berarti besar dan anthropus berarti manusia. Sedangkan Paleo berarti tertua atau paling tua sedangkan Javanicus berarti berasal dari Jawa. Jadi Meganthropus Paleojavanicus dapat diartikan sebagai manusia purba berbadan besar yang berasal dari Jawa. Fosil Meganthropus Paleojavanicus ditemukan pertama kali oleh von Koenigswald pada tahun 1914 di Sangiran, Sragen, Jawa Tengah. 

Fosil Meganthropus ditemukan pada lapisan pleistosen bawah oleh Von Koenigswald ketika melakukan survei eksploratif di Sangiran menggunakan peta dengan skala 1:20.000 yang dibuat oleh ahli geologi bernama L.J.C. van Es.

Ciri – ciri Meganthropus Paleojavanicus

  • Bertubuh kekar dan tegap
  • Makanan pokok adalah tumbuhan
  • Memiliki tulang rahang yang kuat
  • Tidak memiliki dagu
  • Menunjukkan ciri – ciri manusia tetapi mendekati kera
  • Berbadan besar dan tegap
  • Diperkirakan berasal dari 2-1 juta tahun yang lalu

Berdasarkan ciri fisik diatas, para ahli menyimpulkan bahwa Meganthropus Paleojavanicus mengonsumsi tumbuhan dan buah – buahan. Berdasarkan fosil yang ditemukan, Meganthropus Paleojavanicus termasuk dalam spesies Homo Habilis. Homo habilis merupakan manusia purba yang menyerupai manusia dan primata. Disebut Habilis karena pada tempat – tempat penemuan tulang belulang Meganthropus ditemukan pula jenis batu yang diperkirakan digunakan sebagai peralatan.

Jenis Homo Habilis hidup diperkirakan sekitar 3.750.000 – 1.500.000 SM. Hingga kini para ahli masih kesulitan dalam mengidentifikasi keberadaan dan peninggalan Homo Habilis. Para ahli berbeda pendapat mengenai apakah Meganthopus Paleojavanicus sebagai Pithecanthropus atau Homo Habilis.

Fosil Meganthropus Peleojavanicus

Pola Hidup Meganthropus Paleojavanicus

Pola hidup manusia purba Meganthropus Paleojavanicus adalah nomaden (berpindah – pindah). Meganthropus Paleojavanicus adalah manusia purba vegetarian yang memakan jenis tumbuh – tumbuan dan buah – buahan. Diperkirakan manusia purba jenis ini hidup dengan berkelompok dan sudah mampu membedakan tugas laki – laki dan perempuan. Diperkirakan musnahnya Meganthropus Paleojavanicus adalah karena tidak bisa bersaing dengan manusia purba pendatang yaitu Pithecanthropus Erectus.

Video Meganthropus Paleojavanicus

Video diatas adalah video Ardipithecus Ramidus yang memiliki ciri fisik yang hampir sama dengan meganthropus.

Nilai artikel ini

Rata - rata 5 / 5. Total voting 1

Jadilah orang pertama yang memvoting

Rahmad Ardiansyah Guru Sejarah di SMAN 13 Semarang sekaligus penghobi blog

Sejarah dan Ciri-Ciri Homo Rudolfensis

Sejarah Homo Rudolfensis Homo Rudolfensis adalah manusia purba yang kerangkanya sendiri ditemukan pertama kali oleh Richard dan Meave Leakey pada tahun 1972. Tempat ditemukannya...
Rahmad Ardiansyah
1 min read

Ciri-Ciri Sinanthropus Lantianensis (Homo Erectus Lantianensis)

Sejarah Sinanthropus Lantianensis Sinanthropus lantianensis merupakan manusia purba yang fosilnya pertama kali ditemukan di Lantian Country Cina bagian barat laut. Fosil ini ditemukan oleh...
Rahmad Ardiansyah
1 min read

Sejarah dan Ciri-Ciri Sinanthropus Pekinensis

Sejarah Sinanthropus Pekinensis Sinanthropus Pekinensis merupakan salah satu jenis manusia purba dari jenis Homo Erectus yang pernah hidup di dunia ini. Sinanthropus Pekinensis ditemukan...
Rahmad Ardiansyah
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *