Perbedaan LBB dan PBB

Rahmad Ardiansyah

Perang dunia memunculkan suatu keprihatinan dari berbagai negara tak terkecuali negara yang berperang. Pasca Perang Dunia I dan II masing masing memunculkan organisasi perdamaian berbeda yaitu PBB dan LBB. Berikut ini adalah perbedaan LBB dan PBB

PERBEDAAN LBB PBB
Berdiri Setelah PD 1 Setelah PD 2
Anggota Terbatas di Eropa Seluruh dunia
Struktur organisasi Tidak memiliki struktur yang lengkap Memiliki struktur yang lengkap
Sumber dana Terbatas Tidak terbatas
Pasukan Tidak memiliki pasukan khusus Memiliki pasukan khusus
Dukungan negara besar Tidak didukung Didukung

Baca Juga : Sejarah Berdirinya LBB

Pendirian

Liga Bangsa – Bangsa merupakan lembaga perdamaian yang berdiri pada 10 Januari 1920 tepatnya setelah Konferensi Perdamaian Paris 1919 pasca terjadinya Perang Dunia I. Sedangkan PBB berdiri pada 25 Oktober 1945 pasca Perang Dunia II.

Anggota

Keanggotaan LBB hanya berkutat di wilayah Eropa sedangkan PBB secara keanggotaan berasal dari berbagai benua di dunia.

Struktur organisasi

LBB memiliki struktur organisasi yang kurang lengkap diantaranya Majelis, Dewan, Sekretariat, Mahkamah Tetap Internasional, dan Organisasi Buruh Internasional. Sedangkan PBB memiliki struktur lengkap diantaranya Dewan Keamanan, Dewan Ekonomi dan Sosial, Sekretariat, Mahkamah Internasional, Dewan Perwalian,  dan lembaga lembaga lain seperti UNDP, UNEP, UNFPA, UNICEF, ENESCO dan lain – lain.

Sumber Dana

Karena keanggotaannya yang terbatas, maka sumber dana dari LBB pun juga terbatas. Berbeda dengan PBB secara keanggotaan lebih luas maka sumber pendanaan lebih besar.

Pasukan Khusus

LBB tidak memiliki pasukan khusus perdamaian, sedangkan PBB memilikinya.

Dukungan Negara Besar

Secara umum anggota inti dari LBB adalah Inggris, Prancis, Italia, dan Jepang. Dukungan dari negara besar sangat terbatas. Berbeda dengan PBB yang didukung oleh negara – negara besar seperti Amerika Serikat, Russia, Inggris, Prancis dan lain – lain atau dinamakan negara G-20.

Bagikan:

Rahmad Ardiansyah

Perkenalkan, saya Rahmad Ardiansyah, S.Pd. Guru lulusan pendidikan sejarah Universitas Negeri Semarang. Sejak menjadi pelajar saya hobi terkait IT terkhusus pengelolaan blog. Selain mengelola website Idsejarah.net, saya juga menjadi admin web mgmpsejarahsmg.or.id, admin web sma13smg.sch.id sekaligus menjadi salah satu penulis LKS di Modul Pembelajaran MGMP Sejarah SMA Kota Semarang. Saat ini saya sedang menjalankan program Calon Guru Penggerak angkatan 10. Projek web Idsejarah.net saya harapkan akan menjadi media untuk mempermudah guru sejarah dalam mengakses artikel, video, dan media pembelajaran terkait pembelajaran sejarah. Website ini akan terus dikelola dan dikembangkan agar semakin lengkap. Kedepannya besar harapan saya untuk mengembangkan aplikasi android untuk guru sejarah. Selain mengelola website, saya juga aktif mengelola channel Youtube Idsejarah sebagai media berekspresi platform video online.

Leave a Comment

Bantu kami untuk lebih berkembang dengan subcribe channel youtube idsejarah