Membuat Soal Pilihan Ganda di Google Form dan Mengoreksi Secara Otomatis

Rahmad Ardiansyah

Sebelumnya silahkan pahami mengenai Memanfaatkan Google Form sebagai Penugasan Pembelajaran (Soal Uraian). Pada postingan kali ini kita akan bahas mengenai pembuatan soal google form menggunakan pilihan ganda dan dikoreksi secara otomatis oleh google form.

Okay langsung saja, saya anggap kita sudah paham mengenai cara awal hingga sampai ke laman google form. Buat bagian nama, kelas dan nomor absen. Terakhir silahkan buat bagian untuk pilihan ganda.

Pembuatan Soal Pilihan Ganda

Kurang lebih akan jadi seperti ini. Untuk mengaktifkan kuis / pilihan ganda yang diperiksa google secara otomatis maka kita perlu mengaktifkan mode kuis. Klik lambang gerigi untuk mengaktifkan kuis.

Setelah mengklik lambang gerigi, aktifkan mode kuis seperti gambar dibawah ini.

Sampai sini kita sudah siap untuk membuat pilihan ganda yang akan dikoreksi oleh google form. Okay, kita masuk ke pembutan soal. Seperti biasa silahkan buat soal dan opsi – opsinya. Kemudian klik kunci jawaban untuk memasukkan jawaban dan scorenya.

Okay, sampai situ sebenarnya sudah bisa diterapkan. Tinggal kita lanjutkan soalnya hingga jumlah soal yang diinginkan. Selanjutnya kita bahas opsi – opsi pada panel kuis yang tadi kita buka untuk mengaktifkan mode kuis.

Opsi Kuis

Segera setelah setiap pengiriman“, option ini untuk menampilkan skor anak anak setelah mereka mengerjakan soal. Sedangkan “nanti, setelah peninjauan manual” skor akan muncul setelah kita lakukan penskoran secara manual.

Responden dapat melihat

Pertanyaan tak terjawab, apabila opsi ini diaktifkan maka anak akan melihat pilihan mana saja yang tidak dijawab oleh anak – anak yang mengerjakan. Jawaban yang benar, ketika kita aktifkan option ini anak – anak akan bisa melihat jawaban setelah soal selesai. Saya jarang mengaktifkan opsi ini karena menghindari anak – anak yang lain melihat jawaban temannya yang sudah mengerjakan. Nilai poin, untuk opsi ini adalah untuk memperlihatkan skor di akhir pengerjaan.

Saya rasa penjelasan singkatnya sampai sini saja, semoga bisa paham dengan apa yang saya jelaskan. Okay, selamat belajar, semoga bisa mengembangkan atas apa yang saya jelaskan. Sukses untuk bapak dan ibu guru sekalian.

Bagikan:

Tags

Rahmad Ardiansyah

Perkenalkan, saya Rahmad Ardiansyah, S.Pd. Guru lulusan pendidikan sejarah Universitas Negeri Semarang. Sejak menjadi pelajar saya hobi terkait IT terkhusus pengelolaan blog. Selain mengelola website Idsejarah.net, saya juga menjadi admin web mgmpsejarahsmg.or.id, admin web sma13smg.sch.id sekaligus menjadi salah satu penulis LKS di Modul Pembelajaran MGMP Sejarah SMA Kota Semarang. Saat ini saya sedang menjalankan program Calon Guru Penggerak angkatan 10. Projek web Idsejarah.net saya harapkan akan menjadi media untuk mempermudah guru sejarah dalam mengakses artikel, video, dan media pembelajaran terkait pembelajaran sejarah. Website ini akan terus dikelola dan dikembangkan agar semakin lengkap. Kedepannya besar harapan saya untuk mengembangkan aplikasi android untuk guru sejarah. Selain mengelola website, saya juga aktif mengelola channel Youtube Idsejarah sebagai media berekspresi platform video online.

Leave a Comment

Bantu kami untuk lebih berkembang dengan subcribe channel youtube idsejarah