peradabankunotertua8

Pengertian dan Ciri – Ciri Peradaban Kuno

Dapatkah Anda rnenyebutkan peninggalan-peninggalan kebudayaan peradaban Mesopotamia? Peninggalan-peninggalan kebudayaan peradaban Mesopotamia antara lain bangunan kuil, ilmu hitung, dan seni bangunan. Pada awalnya peradaban Mesopotamia dibangun oleh bangsa Surneria dan Semit. Peradaban Mesopotamia merupakan salah satu peradaban awal di Asia. Berikut akan kita pelajari peradaban awal Asia.

Kata peradaban berasal dari bahasa Latin, yaitu civitas yang artinya kota. Peradaban dalam bahasa Inggris diistilahkan civilization, dalam bahasa Belanda diistilahkan beschaving, dan dalam bahasa Jerman diistilahkan die zivilitation. Peradaban adalah tingkatan kebudayaan yang telah mencapai nilai yang tinggi atau Iuhur. Dalarn sejarah peradaban awal bangsa-bangsa di dunia, peradaban terbentuk umumnya karena dilatarbelakangi oleh faktor yang hampir sama. Faktor pertarna karena letak geogralis yang berada pada posisi yang strategis serta dekat dengan sumber air (sungai), faktor kedua karena ketersediaan lahan tanah yang subur bagi pertanian. Ciri-ciri yang umumnya terdapat di suatu peradaban dapat dilihat dari hal-hal berikut.

  1. Pembangunan kota-kota baru dengan tata ruang yang baik, indah, dan modern. Kota tersebut memiliki beragam fasilitas yang tidak ditemukan di tempat lain.
  2. Sistem pemerintahan yang tertib karena terdapat hukum dan aturan-aturan.
  3. Masyarakatnya terbagi dalam jenis pekerjaan, keahlian, dan strata sosial yang jauh lebih kompleks.
  4. Berkembangnya beragam ilmu pengetahuan dan teknologi baru yang lebih maju, seperti bidang astronomi, kesehatan, bentuk tulisan, arsitektur, kesenian, keagamaan, clan ilmu ukur.
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *