Isi Prasasti Pasir Awi, Kerajaan Tarumanegara di Indonesia

Prasasti Pasir Awi atau disebut juga prasasti Cemperai adalah salah satu prasasti yang ditemukan disekitar tahun 1864 oleh seseorang bernama N.W Hoepermans di selatan lereng bukit Pasir Awi, Desa Suka Makmur, Kecamatan Suka Makmur, Kabupaten Bogor ā€“ Jawa Barat dengan ketinggian mencapai 559 meter di atas permukaan laut.

Prasasti Pasir Awi berbentuk seperti batu alam dan memiliki gambar seperti ranting dan dahan, dedaunan maupun buah-buahan. Bahkan, didalamnya juga terdapat sebuah gambar bak pahatan sepasang telapak kaki dan gambar tersebut mengarah ke arah timur serta utara. Prasasti tersebut menghadap ke kawasan bukit serta lembah dari arah telapak kakinya..

Selain itu, kawasan penemuan Prasasti Pasir Awi adalah zona Cagar Budaya yang sudah dilindungi pemerintah Kabupaten Bogor. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa informasi seputar situs bersejarah tersebut masih belum berkembang dan ada wacana tentang larangan untuk tidak pernah merusak apapun yang berkaitan dengan peninggalan sejarah di kawasan tersebut, sedangkan informasi seputar Prasasti Pasir Awi justru belum diketahui dan ditelusuri lebih lanjut oleh beberapa orang hingga saat ini.

Tidak mustahil bahwa para wisatawan yang berkunjung untuk melihat prasasti pasir awi bukan sekadar untuk melakukan observasi maupun pengamatan, namun juga kegiatan spiritual supaya mereka bisa memperoleh berkah.

Isi Prasasti Pasir Awi
Prasasti Pasir Awil belum dapat dibaca karena menggunakan huruf ikal

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *