Sejarah Singkat Candi Selogriyo

Rahmad Ardiansyah

Pic From Google  
 
Candi Selogriyo merupakan salah satu candi peninggalan masa Hindu Budha yang berada di Magelang. Candi Selogriyo sendiri terletak di dusun Campurejo, Desa Kembangkuning, Kecamatan Windusari, Kabupaten  Magelang terletak di kaki gunung Sumbing tepatnya di lereng timur tiga bukit Condong, Giyanti dan Malang. Diperkirakan candi ini dibangun sama dengan yang ada di Dieng pada abad ke 8 M oleh wangsa sanjaya dibangun pada masa kerajaan Mataram Kuno. Ketinggian candi Selogriyo ini berada pada ketinggian 648 mdpl. 
 
Akses ke Candi Selogriyo sendiri tergolong sulit karena memang jalan menuju candi terutama dari desa terdekat hanya bisa dilalui oleh sepeda motor sampai pos pembelian tiket. Dari pos pembelian tiket jarak ke candinya sendiri sekitar kurang lebih 1km melewati jalan setapak  menyusuri lereng – lereng bukit. Disarankan untuk yang belum terbiasa di jalan sempit untuk mengurungkan niatan ke menaiki motor sampai ke Candi Selogriyo. 
 
 
Sepanjang perjalanan kita akan dimanjakan dengan penorama bebukitan kaki gunung sumbing dan ladang terasering petani desa kembangkuning. Dari kejauhan nampak Candi Selogriyo yang brada di rerimbunan pohon –  pohon di bukit. Sesampainya di Candi Selogriyo anda akan menemui candi Selogriyo yang hanya berjumlah satu candi. Candi ini hampir runtuh maka pada saat pengambilan gambar yaitu bulan nopember 2015 di candi ini di kelilingi tali untuk mengantisipasi robohnya candi. Candi Selogriyo sendiri ditemukan pertama kali oleh Hartman pada 1835 pada masa penjajahan Belanda. Pertama kali ditemukan kondisi candi tidak utuh seperti sekarang melainkan berupa pecahan – pecahan bagian candi dan oleh karena hal tersebut kemudian Hartman membentuk sebuah tim yang bertugas  menyusun ulang Candi Selogriyo.

Bagikan:

Rahmad Ardiansyah

Perkenalkan, saya Rahmad Ardiansyah, S.Pd. Guru lulusan pendidikan sejarah Universitas Negeri Semarang. Sejak menjadi pelajar saya hobi terkait IT terkhusus pengelolaan blog. Selain mengelola website Idsejarah.net, saya juga menjadi admin web mgmpsejarahsmg.or.id, admin web sma13smg.sch.id sekaligus menjadi salah satu penulis LKS di Modul Pembelajaran MGMP Sejarah SMA Kota Semarang. Saat ini saya sedang menjalankan program Calon Guru Penggerak angkatan 10. Projek web Idsejarah.net saya harapkan akan menjadi media untuk mempermudah guru sejarah dalam mengakses artikel, video, dan media pembelajaran terkait pembelajaran sejarah. Website ini akan terus dikelola dan dikembangkan agar semakin lengkap. Kedepannya besar harapan saya untuk mengembangkan aplikasi android untuk guru sejarah. Selain mengelola website, saya juga aktif mengelola channel Youtube Idsejarah sebagai media berekspresi platform video online.

Leave a Comment

Bantu kami untuk lebih berkembang dengan subcribe channel youtube idsejarah