Sejarah Singkat Candi Sambisari, Bangunan Di Bawah Permukaan Tanah

Rahmad Ardiansyah

Candi sambisari adalah satu dari candi – candi yang ada di jogja. Candi ini berada pada Desa Sambisari, Kelurahan Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman. Candi ini berada pada tengah – tengah pemukiman. Untuk petanya sendiri, kalian bisa klik link berikut http://bit.ly/1MIcSPY

Candi ini memiliki keunikan dari pada candi – candi lain. Pada umumnya candi – candi di jawa tengah dan jogakarta berada pada daerah yang tinggi seperti candi arjuna, gedong songo, ijo, dan lain – lain. Kenapa berada pada tempat yang tinggi, konon katanya agar doanya cepat sampai ke nirwana. Namun candi sambisari ini berbeda dengan candi – candi di daerah lain. Candi ini berada pada permukaan tanah yaitu pada kedalaman 6,5 dibawah permukaan tanah. Konon katanya, dahulu candi sambisari bukan pada kedalaman tersebut, namun ketinggiannya sama dengan permukaan tanah, namun terjadi letusan gunung merapi dan pada akhirnya menimbun tempat tersebut dan daerah sekitarnya. Pada perkembangannya candi sambisari yang tertimbun tersebut lalu berada dibawah permukaan tanah.

Penemuan candi sambisari pertamakali ditemukan oleh seorang petani yang menggarap lahan yang sekarang dipakai sebagai candi tersebut. Petani tersebut mencangkul, lalu mengenai bagian atas candi dan pada akhirnya dilaporkan dan dilakukanlah pemugaran.

Pada sekeliling candi sari terdapat pagar yang seolah – olah melindungi candi sambisari . Disamping candi itu pula terdapat parit yang berfungsi agar candi tidak tergenang oleh air ketiga hujan.

 

Di dalam candi sambisari sendiri terdapat tiga buah candi, candi utama dan dua candi tambahan. Candi utama tersusun utuh sedangkan candi tambahan dalam keadaan tidak utuh.

 

Bagikan:

Tags

Rahmad Ardiansyah

Perkenalkan, saya Rahmad Ardiansyah, S.Pd. Guru lulusan pendidikan sejarah Universitas Negeri Semarang. Sejak menjadi pelajar saya hobi terkait IT terkhusus pengelolaan blog. Selain mengelola website Idsejarah.net, saya juga menjadi admin web mgmpsejarahsmg.or.id, admin web sma13smg.sch.id sekaligus menjadi salah satu penulis LKS di Modul Pembelajaran MGMP Sejarah SMA Kota Semarang. Saat ini saya sedang menjalankan program Calon Guru Penggerak angkatan 10. Projek web Idsejarah.net saya harapkan akan menjadi media untuk mempermudah guru sejarah dalam mengakses artikel, video, dan media pembelajaran terkait pembelajaran sejarah. Website ini akan terus dikelola dan dikembangkan agar semakin lengkap. Kedepannya besar harapan saya untuk mengembangkan aplikasi android untuk guru sejarah. Selain mengelola website, saya juga aktif mengelola channel Youtube Idsejarah sebagai media berekspresi platform video online.

Leave a Comment

Bantu kami untuk lebih berkembang dengan subcribe channel youtube idsejarah