Istilah Bhre dalam Sejarah

Rahmad Ardiansyah

Bhre beasal dari kata “Bhatara i” atau memiliki arti “tuan di” jadi bhre merupakan sebuah singkatan.  Bhra / Bhre adalah istilah yang tidak diketahui asalnya mungkin asli), yang digunakan di depa nama – nama pejabat kerajaan pada masa Majapahit, khususnya raja – raja daerah, baik laki – laki maupun perempuan.

Selain itu juga ada yang menyebut bhra atau bhatara saja. Bhre dalam kehidupan sekarang bisa diibaratkan sebagai Gubernur suatu daerah sedangkan Majapahit sebagai wilayah induk adalah Presiden yang membawahi Bhre Bhre tersebut. Bhre hanya berlaku di Jawa dan untuk luar Jawa tetap menggunakan gelar lokal masing – masing daerah. Bhre pada jaman kerajaan Majapahit adalah perwujudan bawahan dari kerajaan Majapahit. Contoh wilayah bawahan Majapahit pada saat itu ialah Bhre Kahuripan, Bhre Daha, Bhre Tumapel, Bhre Wirabhumi, Bhre Pajang, Bhre Wengker, Bhre Lasem, Bhre Mataram, Bhre Pamotan, Bhre Metahun, Bhre Paguhan, Bhre Keling, Bhre Pandansalas, Bhre Tanjungpura, Bhre Jagaraga, Bhre Kembang Jenar, Bhre Singhapura, Bhre Kabalan, Bhre Pakembangan, dan terakhir Bhre Kertabhumi.

Wilayah kekuasaan bhre pada masa Kerajaan  Majapahit

 

Bagikan:

Rahmad Ardiansyah

Perkenalkan, saya Rahmad Ardiansyah, S.Pd. Guru lulusan pendidikan sejarah Universitas Negeri Semarang. Sejak menjadi pelajar saya hobi terkait IT terkhusus pengelolaan blog. Selain mengelola website Idsejarah.net, saya juga menjadi admin web mgmpsejarahsmg.or.id, admin web sma13smg.sch.id sekaligus menjadi salah satu penulis LKS di Modul Pembelajaran MGMP Sejarah SMA Kota Semarang. Saat ini saya sedang menjalankan program Calon Guru Penggerak angkatan 10. Projek web Idsejarah.net saya harapkan akan menjadi media untuk mempermudah guru sejarah dalam mengakses artikel, video, dan media pembelajaran terkait pembelajaran sejarah. Website ini akan terus dikelola dan dikembangkan agar semakin lengkap. Kedepannya besar harapan saya untuk mengembangkan aplikasi android untuk guru sejarah. Selain mengelola website, saya juga aktif mengelola channel Youtube Idsejarah sebagai media berekspresi platform video online.

Leave a Comment

Bantu kami untuk lebih berkembang dengan subcribe channel youtube idsejarah