Pengertian Animisme dan Dinamisme

Rahmad Ardiansyah

Pengertian Animisme

Animisme berasal dari bahasa Latin yaitu anima yang berarti roh dan isme yang berarti kepercayaan. Jadi animisme dapat diartikan sebagai kepercayaan terhadap segala sesuatu hal yang hidup maupun mati yang memiliki roh. Pemeluk animisme percaya bahwa setiap benda yang ada di bumi baik itu gunung, laut, sungai, gua, pohon dan batu besar memiliki jiwa yang harus dihormati agar tidak mengganggu kehidupan manusia. Penghormatan tersebut yaitu dengan cara memberikan sesaji yang biasa dilakukan oleh pemeluk aliran animisme. Mereka juga percaya bahwa arwah orang yang telah meninggal dapat masuk ke tubuh hewan. Kepercayaan animisme sudah ada sejak 40.000 – 100.000 tahun sebelum masehi dan jauh sebelum manusia menemukan konsep agama.

Pengertian Dinamisme

Dinamisme berasal dari bahasa Yunani yaitu dynamos atau dinamis yang berarti kekuatan atau daya, dan isme yang berarti kepercayaan atau pandangan. Secara umum kepercayaan dinamisme dapat diartikan sebagai kepercayaan yang meyakini adanya daya dan kekuatan pada semua benda yang ada di dunia baik itu hidup maupun mati. Benda – benda tersebut dipercaya dapat memberi pengaruh baik dan pengaruh buruk bagi manusia. Benda – benda yang dianggap memiliki kekuatan diantaranya benda pusaka, keris, tombak, gamelan, lambang kerajaan, pohon besar, gunung dan patung. Animisme dan dinamisme merupakan kepercayaan yang telah ada pada zaman manusia purba dan memiliki akar budaya hingga saat ini di Indonesia.

Dinamisme dalam budaya Jawa

Pengertian Politeisme

Politeisme adalah kepercayaan kepada dewa – dewa. Dalam melakukan peribadatan biasanya pemeluk politeisme mempersembahkan sesajen atau persembahan kepada dewa – dewa dan juga menyembah serta melantunkan doa – doa untuk menjauhkan amarahnya kepada masyarakat yang bersangkutan.

Contoh Polytheisme di Mesir

Pengertian Henotisme

Henotisme adalah paham tuhan nasional. Paham yang serupa terdapat dalam perkembangan masyarakat Yahudi.

Pengertian Monotheisme

Monotheisme adalah faham yang menyakini bahwa tuhan itu tunggal dan personal yang sangat ketat menjaga jarak dengan ciptaanNya.

Pengertian Totemisme

Totemisme adalah kepercayaan bahwa hewan memiliki kekuatan supranatural dan dianggap suci serta dipuja. Hewan – hewan tersebut seperti ular, sapi, harimau dan lain – lain.

Bagikan:

Tags

Rahmad Ardiansyah

Perkenalkan, saya Rahmad Ardiansyah, S.Pd. Guru lulusan pendidikan sejarah Universitas Negeri Semarang. Sejak menjadi pelajar saya hobi terkait IT terkhusus pengelolaan blog. Selain mengelola website Idsejarah.net, saya juga menjadi admin web mgmpsejarahsmg.or.id, admin web sma13smg.sch.id sekaligus menjadi salah satu penulis LKS di Modul Pembelajaran MGMP Sejarah SMA Kota Semarang. Saat ini saya sedang menjalankan program Calon Guru Penggerak angkatan 10. Projek web Idsejarah.net saya harapkan akan menjadi media untuk mempermudah guru sejarah dalam mengakses artikel, video, dan media pembelajaran terkait pembelajaran sejarah. Website ini akan terus dikelola dan dikembangkan agar semakin lengkap. Kedepannya besar harapan saya untuk mengembangkan aplikasi android untuk guru sejarah. Selain mengelola website, saya juga aktif mengelola channel Youtube Idsejarah sebagai media berekspresi platform video online.

Leave a Comment

Bantu kami untuk lebih berkembang dengan subcribe channel youtube idsejarah