Rahmad Ardiansyah Guru Sejarah di SMAN 13 Semarang sekaligus penghobi blog

Candi Gambar Wetan

Candi Gambar Wetan terletak lereng Gunung Kelud tepatnya di Perkebunan Gambar, Desa Sumberasri, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Candi Gambar Wetan dalam keadaan tidak utuh. Yang tersisa hanyalah batur candi dengan relief yang masih tersisa. Bagian lain dari komponen areal ini adalah dwarapala yang berjumlah dua buah yang menjaga tangga masuk menuju candi. 

Candi Gambar Wetan terletak di puncak bukit dengan dwarapala yang menjaga pada tangganya. Candi ini diperkirakan berasal dari masa Kerajaan Majapahit. Candi Gambar Wetan dipercaya merupakan tempat peristirahatan Hayam Wuruk dan raja Majapahit lain dalam perjalanannya menuju Gunung Kelud ataupun Candi Penataran.

Ketika ditemukan pertama kali oleh petugas perkebunan, cangkul petugas perkebunan mengenai sisi candi dan ditemukan arca. Selanjutnya dilakukan penggalian pada tahun 1992. Kata petugas, di candi ini pernah ditemukan relief Werkudara di Dam Sangiran. Namun sebelum candi ini diresmikan oleh pemerintah, banyak terjadi penjarahan oleh warga yang mengambil relief dari Candi Gambar Wetan. Pada zaman penjajahan Belanda, relief candi banyak diambil guna dijadikan pajangan di rumah Direksi Kebesaran. Namun kini patung relief telah diambil alih pemerintah serta diamankan ke museum dan dimasukkan ke Trowulan.

Tangga menuju Candi Gambar Wetan
Candi Gambar Wetan

Nilai artikel ini

Rata - rata 3 / 5. Total voting 1

Jadilah orang pertama yang memvoting

Rahmad Ardiansyah Guru Sejarah di SMAN 13 Semarang sekaligus penghobi blog

Punden Berundak

Punden berundak adalah salah satu hasil kebudayaan pada masa batu besar atau megalithikum. Punden berundak berupa bangunan bertingkat yang tersusun atas batu – batuan...
Rahmad Ardiansyah
45 sec read

Candi Morangan

Rahmad Ardiansyah
42 sec read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *