Pengertian dan Ciri Zaman Mesozoikum

Rahmad Ardiansyah

Zaman Mesozoikum merupakan zaman perkembangan bumi yang berlangsung sejak 140 juta tahun yang lalu hingga 65 juta tahun yang lalu. Pada zaman ini muncul hewan – hewan besar yang disebut dengan nama dinosaurus. Zaman Mesozoikum terbagi mnjadi tiga masa tingkatan yaitu masa trias, jura dan kretaseus. Iklim pada masa Mesozoikum bersifat basah dan panas. Pertumbuhan flora dan fauna serta persebarannya masih terbatas. Pada zaman ini sudah berkembang tumbuhan berdaun lebar, amfibi, ikan, hewan melata, dan mamalia pertama.

Saat masa trias berakhir, benua Pangea (benua pertama di bumi) mulai terpecah yang disebabkan adanya pergerakan lempeng / proses tektonik yang kemudian memunculkan dua benua baru yaitu Laurasia di bagian utara dan Gondwana di bagian selatan. Benua Pangea dikelilingi oleh samudra yang dinamakan Panthalassa. Bagian tepi dari benua Pangea mengalami iklim muson, sedangkan iklim di bagian tengah tetap kering dan hangat. Pada masa trias, dinosaurus menguasai wilayah baik daratan maupun lautan di bumi.

Pada akhir masa trias terjadi kepunhan massal, namun dinosaurus dapat bertahan hingga masa Jura dan Kretaseus. Pada awal masa Jura, benua Gondwana dan Laurasia kembali terpecah, Laurasia membentuk Amerika Utara dan Eurasia sedangkan Gondwana menjadi Amerika Selatan, dan Afrika. Pada akhir masa mesozoikum tepatnya pada 65 juta tahun yang lalu, terjadi tabrakan meteorit dengan bumi sehingga lapisan ozon bumi tertutup oleh debu. Tertutupnya debu menyebabkan perubahan dahsat di bumi. Tumbuhan tidak dapat menghasilkan oksigen dan berfotosintesis sehingga oksigen di bumi semakin menipis. Imbasnya hewan – hewan besar mulai punah. Namun pada masa inilah jenis mamalia mulai berkembang dikarenakan predator mereka (dinosaurus) mengalami kepunahan.

Ciri masa mesozoikum

  1. Terdapat banyak hewan raksasa yang disebut dinosaurus
  2. Iklim bumi lebih stabil daripada sebelumnya
  3. Merupakan dasar kehidupan modern
  4. Berlangsung sekitar 150 – 65 juta tahun yang lalu
  5. Terdapat aktivitas tektonik, evolusi dan iklim
  6. Benua – benua mengalami pergeseran dan saling menyatu satu dengan yang lain.
  7. Merupakan puncak perkembangan dinosaurus

Bagikan:

Tags

Rahmad Ardiansyah

Perkenalkan, saya Rahmad Ardiansyah, S.Pd. Guru lulusan pendidikan sejarah Universitas Negeri Semarang. Sejak menjadi pelajar saya hobi terkait IT terkhusus pengelolaan blog. Selain mengelola website Idsejarah.net, saya juga menjadi admin web mgmpsejarahsmg.or.id, admin web sma13smg.sch.id sekaligus menjadi salah satu penulis LKS di Modul Pembelajaran MGMP Sejarah SMA Kota Semarang. Saat ini saya sedang menjalankan program Calon Guru Penggerak angkatan 10. Projek web Idsejarah.net saya harapkan akan menjadi media untuk mempermudah guru sejarah dalam mengakses artikel, video, dan media pembelajaran terkait pembelajaran sejarah. Website ini akan terus dikelola dan dikembangkan agar semakin lengkap. Kedepannya besar harapan saya untuk mengembangkan aplikasi android untuk guru sejarah. Selain mengelola website, saya juga aktif mengelola channel Youtube Idsejarah sebagai media berekspresi platform video online.

Leave a Comment

Bantu kami untuk lebih berkembang dengan subcribe channel youtube idsejarah