Ciri – Ciri dan Sejarah Homo Ergaster

Rahmad Ardiansyah

Sejarah Homo Ergaster

Homo Ergaster berasal dari Afrika timur dan Afrika selatan yang hidup sekitar 1,9 hingga 1,4 juta tahun lalu. Homo Ergaster  diperkirakan hidup pada masa Pleistosen bagian bawah, dimana bumi masih  tertutupi oleh es (iklim pendinginan global). Homo Ergaster sendiri merupakan jenis manusia purba paling awal yang ada, dan merupakan nenek moyang dari anggota Homo Sapiens yang lain. Penemu fosil Homo Ergaster pertama kali adalah Richard Leakey dari Koobi Fora di Kenya.

Penamaan “Homi Ergaster” sendiri berasal dari bahasa Yunani dimana kata Ergaster tersebut memiliki arti “Pekerja“. Jadi Homo Ergaster adalah “Manusia pekerja”, nama ini dipilih karena penemuannya berada di dekat bekas penggalian yang ditemukan bersama dengan kapak genggam dan parang di dekatnya.

Ciri-Ciri Fisik Homo Ergaster

  • Kapasitas tengkoraknya sekitar 800-1200 cc 
  • Wajahnya berukuran kecil dan lebih terlihat ortognatik 
  • Punya enamel gigi yang sedikit 
  • Punya hidung yang besar 
  • Kekuatan rahangnya telah berkurang

Perbedaan fisik antara Homo Ergaster dan Homo Sapiens terdapat pada tulang tengkoraknya yang lebih tipis dan sulkus nya kurang jelas. Penemuan Homo Ergaster paling lengkap ditemukan di Danau Turkana,  Kenya pada tahun 1984. Dimana sisa lain nya ditemukan di Tanzania, kenya, Ethiopia dan Afrika selatan. Karakteristik Ergaster sendiri memang
sangat mirip seperti manusia pada jaman sekarang, tetapi pada bagian kekuatan gigi dan struktur alat pengunyah memiliki perbedaan.

Sejarah Kehidupan Homo Ergaster

Homo Ergaster diperkirakan adalah versi sebelum Homo Sapiens berevolusi dari (homo habilis/homo rudolfensis) di bagian timur Afrika. Cara bertahan hidu[ hidup homo ergaster adalah dengan berburu dan mengumpulkan makanan serta hidup secara nomaden menyesuaikan hewan buruan. Manusia purba yang satu ini berburu mangsa dengan ukuran yang lebih kecil dan sudah terluka. Hidupnya berpindah-pindah tempat (nomaden). Beberapa tempat  penemuan dari jejak jejak Hmo Ergaster yaitu di Ethiopia (situs Konso Gardula dan Omo), lalu Kenya (Olorgesaillie), dan Tanzania (Olduvai Gorge). Hasil budaya dari homo ergaster adalah kapak genggam, alat serpih, parang dan alat lain yang terbuat dari tulang. Kegunaan alat-alat ini adalah untuk berburu, memotong daging buruan, mengikis hingga memotong kulit. Sejarah mengatakan Homo ergaster meninggalkan benua Afrika karena disana ada persaingan antara spesies lainnya. Sumber makanan telah berkurang, akhirnya mereka meninggalkan aktivitas gunung berapi.

Bagikan:

Rahmad Ardiansyah

Perkenalkan, saya Rahmad Ardiansyah, S.Pd. Guru lulusan pendidikan sejarah Universitas Negeri Semarang. Sejak menjadi pelajar saya hobi terkait IT terkhusus pengelolaan blog. Selain mengelola website Idsejarah.net, saya juga menjadi admin web mgmpsejarahsmg.or.id, admin web sma13smg.sch.id sekaligus menjadi salah satu penulis LKS di Modul Pembelajaran MGMP Sejarah SMA Kota Semarang. Saat ini saya sedang menjalankan program Calon Guru Penggerak angkatan 10. Projek web Idsejarah.net saya harapkan akan menjadi media untuk mempermudah guru sejarah dalam mengakses artikel, video, dan media pembelajaran terkait pembelajaran sejarah. Website ini akan terus dikelola dan dikembangkan agar semakin lengkap. Kedepannya besar harapan saya untuk mengembangkan aplikasi android untuk guru sejarah. Selain mengelola website, saya juga aktif mengelola channel Youtube Idsejarah sebagai media berekspresi platform video online.

Leave a Comment

Bantu kami untuk lebih berkembang dengan subcribe channel youtube idsejarah