Pengertian dan Sejarah Candrasa

Rahmad Ardiansyah

Candrasa merupakan salah satu benda prasejarah, tepatnya pada zaman logam dan terbuat dari perunggu dan biasanya disebut sebagai kapak. Kendati demikian, bentuknya sangat berbeda dengan beragam jenis kapak yang sering ditemukan. Candrasa mempunyai bentuk lebih indah dan salah satunya adalah peninggalan candrasa yang pernah ditemukan di wilayah Jawa, sedangkan jenis kapak perunggu ini memiliki ragam rias begitu indah dan halus yang mana tampilannya sama seperti kapak berbentuk lonjong.

Pada dasarnya, candrasa memiliki mata kapak lebih melebar ke samping dan kedua ujungnya melengkung ke bagian dalam. Sementara itu, pada pegangan tangannya terdapat sebuah motif geometris yang digabungkan bersama motif lengkung berukuran kecil. Candrasa selalu digunakan sebagai salah satu perlengkapan penting saat menyelenggarakan upacara karena keunikan, kehalusan serta keindahan jenis kapak ini membuktikan bahwa kemampuan seseorang yang tinggi untuk membuat beragam benda yang terbuat dari perunggu.

Alat-alat yang diciptakan telah dihaluskan dan memiliki motif indah dan unik dimana candrasa adalah salah satu benda prasejarah terbuat dari perunggu dan keberadaannya digunakan untuk kegiatan tertentu dan sakral. Candrasa sendiri memiliki fungsi yang beragam dalam kehidupan masyarakat tertentu, salah satunya adalah sarana upacara adat maupun keagamaan. Pasalnya, jenis kapak perunggu ini dinilai sebagai alat kebesaran untuk kegiatan tersebut yang dilangsungkan beberapa orang agar dapat mengikuti tradisi mereka.

Bahkan, sebagian besar dari para ahli menganggap bahwa candrasa berfungsi sebagai salah satu alat yang biasa dimanfaatkan sebagai senjata perang. Hal ini telah dibuktikan karena Prabu Dasamukan di Kerajaan Ajalengka sering menggunakan candrasa sebagai senjata di masa lampau untuk berperang. Tak hanya itu, fungsi sebenarnya atau pertama kali ditemukannya candrasa adalah sebagai alat pertanian dan pertukangan sebelumnya akhirnya bergeser menjadi kebutuhan untuk upacara keagamaan sekaligus tanda kebesaran.

Hal ini membuktikan bahwa candrasa adalah salah satu benda prasejarah yang sangat bermakna pada zaman nenek moyang. Sebab, suku tidak akan pernah berhasil menggelar upacara adat apabila tidak menggunakan candrasa sebagai alat atau sarana utamanya. Fungsinya yang sangat penting membuat benda pusaka ini tidak bisa digunakan sembarangan dan menjadi salah satu benda pusaka yang patut dilestarikan untuk tetap dikenal para generasi selanjutnya lantaran candrasa berperan sebagai perlengkapan atas ritual keagaamaan.

Bagikan:

Rahmad Ardiansyah

Perkenalkan, saya Rahmad Ardiansyah, S.Pd. Guru lulusan pendidikan sejarah Universitas Negeri Semarang. Sejak menjadi pelajar saya hobi terkait IT terkhusus pengelolaan blog. Selain mengelola website Idsejarah.net, saya juga menjadi admin web mgmpsejarahsmg.or.id, admin web sma13smg.sch.id sekaligus menjadi salah satu penulis LKS di Modul Pembelajaran MGMP Sejarah SMA Kota Semarang. Saat ini saya sedang menjalankan program Calon Guru Penggerak angkatan 10. Projek web Idsejarah.net saya harapkan akan menjadi media untuk mempermudah guru sejarah dalam mengakses artikel, video, dan media pembelajaran terkait pembelajaran sejarah. Website ini akan terus dikelola dan dikembangkan agar semakin lengkap. Kedepannya besar harapan saya untuk mengembangkan aplikasi android untuk guru sejarah. Selain mengelola website, saya juga aktif mengelola channel Youtube Idsejarah sebagai media berekspresi platform video online.

Leave a Comment

Bantu kami untuk lebih berkembang dengan subcribe channel youtube idsejarah