Pengertian dan Ciri – Ciri Peradaban Kuno

Rahmad Ardiansyah

Dapatkah Anda rnenyebutkan peninggalan-peninggalan kebudayaan peradaban Mesopotamia? Peninggalan-peninggalan kebudayaan peradaban Mesopotamia antara lain bangunan kuil, ilmu hitung, dan seni bangunan. Pada awalnya peradaban Mesopotamia dibangun oleh bangsa Surneria dan Semit. Peradaban Mesopotamia merupakan salah satu peradaban awal di Asia. Berikut akan kita pelajari peradaban awal Asia.

Kata peradaban berasal dari bahasa Latin, yaitu civitas yang artinya kota. Peradaban dalam bahasa Inggris diistilahkan civilization, dalam bahasa Belanda diistilahkan beschaving, dan dalam bahasa Jerman diistilahkan die zivilitation. Peradaban adalah tingkatan kebudayaan yang telah mencapai nilai yang tinggi atau Iuhur. Dalarn sejarah peradaban awal bangsa-bangsa di dunia, peradaban terbentuk umumnya karena dilatarbelakangi oleh faktor yang hampir sama. Faktor pertarna karena letak geogralis yang berada pada posisi yang strategis serta dekat dengan sumber air (sungai), faktor kedua karena ketersediaan lahan tanah yang subur bagi pertanian. Ciri-ciri yang umumnya terdapat di suatu peradaban dapat dilihat dari hal-hal berikut.

  1. Pembangunan kota-kota baru dengan tata ruang yang baik, indah, dan modern. Kota tersebut memiliki beragam fasilitas yang tidak ditemukan di tempat lain.
  2. Sistem pemerintahan yang tertib karena terdapat hukum dan aturan-aturan.
  3. Masyarakatnya terbagi dalam jenis pekerjaan, keahlian, dan strata sosial yang jauh lebih kompleks.
  4. Berkembangnya beragam ilmu pengetahuan dan teknologi baru yang lebih maju, seperti bidang astronomi, kesehatan, bentuk tulisan, arsitektur, kesenian, keagamaan, clan ilmu ukur.

Bagikan:

Tags

Rahmad Ardiansyah

Perkenalkan, saya Rahmad Ardiansyah, S.Pd. Guru lulusan pendidikan sejarah Universitas Negeri Semarang. Sejak menjadi pelajar saya hobi terkait IT terkhusus pengelolaan blog. Selain mengelola website Idsejarah.net, saya juga menjadi admin web mgmpsejarahsmg.or.id, admin web sma13smg.sch.id sekaligus menjadi salah satu penulis LKS di Modul Pembelajaran MGMP Sejarah SMA Kota Semarang. Saat ini saya sedang menjalankan program Calon Guru Penggerak angkatan 10. Projek web Idsejarah.net saya harapkan akan menjadi media untuk mempermudah guru sejarah dalam mengakses artikel, video, dan media pembelajaran terkait pembelajaran sejarah. Website ini akan terus dikelola dan dikembangkan agar semakin lengkap. Kedepannya besar harapan saya untuk mengembangkan aplikasi android untuk guru sejarah. Selain mengelola website, saya juga aktif mengelola channel Youtube Idsejarah sebagai media berekspresi platform video online.

Leave a Comment

Bantu kami untuk lebih berkembang dengan subcribe channel youtube idsejarah