Candi Kedaton, Mojokerto, Jawa Timur

Candi Kedaton merupakan salah satu peninggalan sejarah dari Kerajaan Majapahit yang hingga kini masih dilestarikan dengan baik. Situs bersejarah yang terbuat dari batuan andesit ini dibangun di daerah yang memiliki pemandangan asri dan memanjakan mata. Beginilah cerita sejarah singkat dari situs bersejarah satu ini.

Lokasi Situs Kedaton

Sebelum bercerita seluk beluk tentang sejarahnya, perlu Anda ketahui bahwa bangunan peninggalan sejarah satu ini ternyata terletak di 3 daerah berbeda yakni di Probolinggo, Trowulan, dan Muaro Jambi. Situs Kedaton Probolinggo berlokasi di Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur ini terbuat dari batuan andesit.

Situs Kedaton Trowulan berlokasi di Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur ini terbuat dari bata merah yang memiliki bentuk menyerupai candi pada umumnya. Sedangkan Situs Kedaton Muaro Jambi merupakan candi buddha yang terbuat dari material bata merah. Situs bersejarah satu ini berlokasi di Muaro Jambi, Kabupaten Muaro, Jambi.

Cerita Sejarah Singkat Situs Kedaton

Dari ketiga situs peninggalan sejarah tersebut, Candi Kedaton Probolinggo termasuk wisata sejarah yang cukup populer dikunjungi. Candi yang beralamat di Dusun Kedaton, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo ini memiliki tampilan sedikit unik dibandingkan dengan candi pada umumnya. Pasalnya situs peninggalan sejarah ini hanya tersisa bagian kaki saja.

Meski bangunannya sudah tidak utuh lagi, namun candi satu ini masih layak dilestarikan. Bahkan candi satu ini telah dilengkapi pagar pembatas sekaligus perawatan agar tetap lestari. Bangunan bersejarah dari Kerajaan Majapahit ini berdiri di atas lahan seluas 50 meter persegi, dan dikelilingi dengan pemandangan asri yang berhasil memanjakan mata.

Menurut catatan sejarah, situs peninggalan dari Kerajaan Majapahit ini merupakan candi Hindu yang memiliki ukuran sekitar 6 meter persegi. Bahkan Anda bisa menemukan tahun pembangunan yang terukir di bagian tangganya, yakni pada tahun 1292 saka atau berkisar 1370 masehi lalu. Bahkan para wisatawan bisa melihatnya tanggal berdirinya situs tersebut dengan jelas.

Ketika berkunjung ke Candi Kedaton, Anda bisa menyaksikan tiga sisi bangunanya yang memiliki cerita relief yang menyimpan misteri. Menurut pemaparan para ahli, cerita relief yang berada di sisi barat menceritakan kisah Arjunawiwaha yang bertapa demi mencari senjata sakti. Di tengah kesibukannya, dirinya mendapatkan godaan dari 2 bidadari cantik yang diutus oleh para dewa.

Berbagai usaha merayu Arjuna sudah dilakukan, namun uniknya lelaki tersebut tidak bergeming dari pertapaan demi menemukan senjata yang diinginkan. Di tempat ini pula Anda bisa menemukan relief yang menceritakan bahwa Arjuna tengah menghaturkan sembah kepada Bhatara Siwa. Seketika Siwa lenyap, seketika muncullah penjelmaan Syiwa berbentuk Ardhanariswara.

Setelahnya Siwa memberikan sebuah hadiah kepada Arjuna sebuah senjata sakti berupa panah mahasakti yang konon tidak dapat dipatahkan sedikitpun. Senjata sakti tersebut kemudian diberi nama Pasopati. Setelah memberikan hadiah tersebut, Syiwa kembali lenyap. Jika di Barat ada cerita Arjuna, maka di sisi selatan terdapat kisah Garudeya.

Relief Candi Kedaton tersebut menceritakan Garuda yang tengah menghaturkan sembah kepada sang ibunda. Namun disayangkan kisah relief ini terputus, karena bagian atas dan bawahnya telah menghilang dan meninggalkan cerita menggantung. Sedangkan di sisi timur terdapat kisah Bomantaka yang menceritakan kisah Sri Krishna yang hendak membunuh Bhoma saat terjadi perang.

Berdasarkan catatan sejarahnya sendiri, wilayah Situs Kedaton dulunya merupakan kawasan khusus pertapaan sekaligus menjadi otonom kecil yang diperhitungkan keberadaannya oleh Majapahit. Sedangkan menurut informasi yang berhasil didapatkan, sebagian batu candi yang menghilang dikarenakan pohon beringin besar yang sempat roboh menimpa candi tersebut.

SumberĀ  :

  1. https://www.timesindonesia.co.id/read/news/163226/candi-kedaton-jejak-kerajaan-majapahit-di-probolinggo
  2. https://lokalkarya.com/candi-kedaton-situs-sejarah-yang-menggugah-di-probolinggo.html
  3. https://sejarahlengkap.com/bangunan/sejarah-candi-kedaton
  4. https://www.harianbhirawa.co.id/candi-lawang-kedaton-situs-sejarah-probolinggo/
  5. https://id.wikipedia.org/wiki/Candi_Kedaton
0

Leave a Comment