Macam – Macam Variasi Tugas Keterampilan Sejarah SMA

Sesuai dengan tuntutan kurikulum untuk menghasilkan produk keterampilan masing – masing mapel yang ada di kurikulum 2013, maka guru sejarah harus lebih kreatif dalam menjadikan mapel sejarah yang memiliki produk keterampilan. Untuk menerapkan penilaian keterampilan memiliki tingkat kesulitan masing masing di tiap sekolah disesuaikan dengan karakteristik sekolah seperti apakah sekolah terletak di kota atau desa, apakah siswa mudah diarahkan untuk membuat produk keterampilan atau tidak dan faktor – faktor lain. Maka dari itu, disini Idsejarah akan berusaha memberikan masukan terkait dengan macam – macam penugasan keterampilan sebagai inspirasi guru dalam memenuhi aspek pembelajaran yang dilakukan di sekolah.

1. Penugasan Pembuatan Video

Penugasan video memiliki tingkatan kesulitan yang cukup bervariasi. Apabila guru menginginkan video sederhana, cukup meminta siswa untuk membuat video yang berisi siswa menceritakan peristiwa sejarah. Namun apabila guru menginginkan yang lebih berikan siswa tugas yang menantang dengan menerapkan aspek – aspek yang harus dipenuhi sebagai contoh alur cerita, desain grafis, penokohan dan lain sebagainya disesuaikan dengan kesanggupan siswa. Lebih lanjut guru dapat menjelaskan bagaimana memanfaatkan video untuk mendapatkan pengalaman atau bahkan tambahan uang jajan bagi mereka apabila bisa jago editing video dan membuat channel youtube sendiri.

2. Membuat Animasi Poster

Pembuatan animasi poster yang sebelumnya harus jago menggunakan Photoshop maupun Coreldraw, sekarang lebih mudah mengingat hp android juga bisa digunakan untuk membuat desain. Mintalah siswa untuk membuat animasi poster dengan daya kreasi mereka dengan menerapkan batasan – batasan tertentu. Dengan memberi keluasaan kepada siswa, maka siswa akan mampu mengekplorasi kemampuan mereka di bidang IT Desain dan bisa jadi hal ini akan membuat mereka terpacu untuk mempelajari hal – hal yang lain di bidang desain diluar mapel sejarah.

3. Membuat Peta Konsep

Peta konsep menjadi penugasan yang sangat ramah berbagai jenis sekolah. Bentuk penugasan ini cukup memberikan arahan kepada anak melihat reverensi peta konsep di Google Image kemudian mengaplikasikan materi pelajaran ke dalam peta konsep di buku masing – masing.

4. Membuat Peta

Peta yang sangat khas geografi bisa diterapkan di sejarah mengacu pada materi materi tertentu seperti materi organisasi regional dan global kelas XII Peminatan, perjuangan mempertahankan kemerdekaan RI, peta penjelajahan bangsa barat dan materi – materi lain.

5. Membuat Makalah

Penugasan ini sangat khas guru – guru zaman dulu namun masih sangat efektif untuk membuat siswa benar – benar belajar membuat sistematika penyusunan makalah. Mengingat banyaknya plagiasi, maka guru harus pintar pintar dalam membatasi plagiasi siswa. Berikan penugasan makalah dengan disertai penugasan presentasi dalam bentuk kelompok.

6. Membuat Blog

Blog merupakan media untuk menuangkan tulisan, gambar maupun video. Dengan penugasan blog ini maka siswa secara tidak langsung akan belajar untuk mempelajari apa itu blog dan bagaimana mengoperasikannya. Lebih lanjut sangat mungkin guru memberi materi mengenai blogging dan manfaatnya dan bisa jadi menelurkan siswa untuk menjadi blogger atau webmaster.

Disini Idsejarah hanya menyediakan info, terkait komponen instrumen programnya silahkan menyesuikan dengan tema masing – masing.

0
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x