Mitologi Yunani, Zeus Dewa Olimpus

Rahmad Ardiansyah

Masa Kecil Zeus

Zeus merupakan dewa langit yang dilambangkan dengan dewa yang menggunakan tongkat petir pada mitologi yunani. Dia merupakan putra bungsu dari Cronos dan Rea atau bangsa Romawi lebih sering menyebut dengan Jupiter dan Jove. Saudara Zeus diantaranya Hestia, Poseidon, Hades, Demeter dan Hera. Kakak – kakak Zeus ditelan oleh ayahnya Cronos karena khawatir dengan adanya ramalan mengenai keturunan yang akan mengalahkannya. Namun Zeus mampu selamat karena tipu daya ibunya, Rea. Ketika akan dimakan Cronos, ibunya menganti Zeus dengan batu yang di beri selimut. Konon Cronos menelan batu tersebut begitu saja. Diperkirakan Zeus di sembunyikan di Gunung Dikte atau Ida di Kreta, ia dibesarkan oleh nimfa gunung dan disusui oleh kambing bernama Amalthea. Jika bayi Zeus menangis, para Kouretes akan menari dan membunyikan perisai mereka untuk meredam suara tangisan Zeus. Saat dewasa, Zeus berusaha mengeluarkan kakak – kakaknya Poseidon dan Hades dari perut Cronos, dengan cara memberikan ramuan pada Cronos yang menyebabkan Cronos memuntahkan semua yang pernah di telannya.

Zeus, Poseidon dan Hades sang Dewa Penguasa Bumi

Zeus, Poseidon dan Hades, dibantu Kiklops serta Hekatonkhire, mengalahkan Cronos serta menobatkan diri sebagai pemimpin para dewa dan memenjarakan Cronos dan para Titan lain di Tartaros. Kemudian Zeus membagi wilayah alam semesta menjadi tiga bagian yang dikuasai tiga dewa yaitu Zeus sebagai dewa langit yang menguasai petir dan hujan, Poseidon menguasai lautan serta Hades menghuni dewa bawah tanah atau neraka. Konon pembagian ini didasarkan pada undian yang di dapatkan masing – masing. Zeus menghuni Olympus sebuah gunung yang berada di eropa. Zeus dianggap penguasa tertinggi di alam semesta karena menggunakan tongkat petir yang dibuatkan oleh Kiklops dalam perang melawan ayahnya Cronos.

Baca Juga : Cerita mitologi Medusa yang dihukum akibat kecantikannya

Keluarga Zeus

Zeus terkenal mempunyai banyak pasangan baik dengan dewa maupun manusia. Zeus menikah selama tiga kali. Istri Zeuspertama adalah Metis. Setelah mendengar akan adanya ramalan yang berkata akan ada keturunannya yang akan mengalahkannya, maka Zeus memakan Metis. Ketika tiba saatnya anak Metis Athena lahir, Athena lahir dari kepala Zeus dengan baju perangnya. Istri keduanya adalah seorang Titan Themis ibu dari para Morai. Istri ketiganya adalah saudaranya sendiri atau kakaknya bernama Hera. Dari pernikahan tersebut melahirkan Ares, Hebe, dan Eileithya. Selain itu ada Hefaistos yang diduga lahir tanpa ayah serta Eris dan Enyo yang diduga saudari Ares.

Selain itu Zeus Juga berselingkuh dengan banyak dewi dan manusia diantaranya dengan Titan Leto yang melahirkan Apollo serta Artemis. Dengan Maia seorang Pleiades menghasilkan Hermes. Dengan Dione yang melahirkan Afrodit. Dengan adanya perkawinan – perkawinan tersebut, Zeus adalah ayah dari dewa – dewa muda di Olympus.

Selanjutnya dengan Demeter yang melahirkan Persefone, dengan Semelebernama Dionisos. Konon Demeter adalah adalah Rea, ibu dari Zeus yang mengganti nama menjadi Demeter. Zeus memperkosa ibunya sehingga melahirkan Persefone dan melahirkan Dionisos pertama bernama Zagreus. Namun Dionisos tersebut di bunuh para titan. Selanjutnya Zeus memperkosa Semele yang kemudian melahirkan Dionisos kedua.

Zeus juga bercinta dengan banyak manusia yang kemudian melahirkan banyak pahlawan hebat. Wanita yang pernah diperkosa diantaranya adalah Io seorang putri dari dewa Inakhos. Selain itu juga bercinta dengan Europe yang kemudian akan menjadi nama sebuah benua, ia menyamar menjadi seekor banteng yang wangi ketika Europe dan teman – temannya berkumpul memetik bunga sehingga mereka segera mengerumuni Zeus yang berwujud banteng. Banteng tersebut duduk dan Europe menaikinya, dengan segera Banteng tersebut lari dan terbang menuju ke Kreta dan memerkosanya di sana. Dari Europe melahirkan Minos, Rhadamanthis dan Sarpedon. Zeus mengubah dirinya menjadi pancuran emas dan memerkosa Danae yang dikurng ayahnya sehingga melahirkan Perseus. Selain itu Zeus juga memerkosa Alkmene yang menyamar menjadi suaminya dan melahirkan Herakles atau sering disebut Hercules. Di Sparta, Zeus memerkosa Leda yang menyamar sebagai angsa dan melahirkan Polideukes dan Helene.

Bagikan:

Tags

Rahmad Ardiansyah

Perkenalkan, saya Rahmad Ardiansyah, S.Pd. Guru lulusan pendidikan sejarah Universitas Negeri Semarang. Sejak menjadi pelajar saya hobi terkait IT terkhusus pengelolaan blog. Selain mengelola website Idsejarah.net, saya juga menjadi admin web mgmpsejarahsmg.or.id, admin web sma13smg.sch.id sekaligus menjadi salah satu penulis LKS di Modul Pembelajaran MGMP Sejarah SMA Kota Semarang. Saat ini saya sedang menjalankan program Calon Guru Penggerak angkatan 10. Projek web Idsejarah.net saya harapkan akan menjadi media untuk mempermudah guru sejarah dalam mengakses artikel, video, dan media pembelajaran terkait pembelajaran sejarah. Website ini akan terus dikelola dan dikembangkan agar semakin lengkap. Kedepannya besar harapan saya untuk mengembangkan aplikasi android untuk guru sejarah. Selain mengelola website, saya juga aktif mengelola channel Youtube Idsejarah sebagai media berekspresi platform video online.

Leave a Comment

Bantu kami untuk lebih berkembang dengan subcribe channel youtube idsejarah