Ciri – Ciri dan Sejarah Meganthropus Paleojavanicus

Rahmad Ardiansyah

Meganthropus berasal dari kata Mega yang berarti besar dan anthropus berarti manusia. Sedangkan Paleo berarti tertua atau paling tua sedangkan Javanicus berarti berasal dari Jawa. Jadi Meganthropus Paleojavanicus dapat diartikan sebagai manusia purba berbadan besar yang berasal dari Jawa. Fosil Meganthropus Paleojavanicus ditemukan pertama kali oleh von Koenigswald pada tahun 1914 di Sangiran, Sragen, Jawa Tengah. 

Fosil Meganthropus ditemukan pada lapisan pleistosen bawah oleh Von Koenigswald ketika melakukan survei eksploratif di Sangiran menggunakan peta dengan skala 1:20.000 yang dibuat oleh ahli geologi bernama L.J.C. van Es.

Ciri – ciri Meganthropus Paleojavanicus

  • Bertubuh kekar dan tegap
  • Makanan pokok adalah tumbuhan
  • Memiliki tulang rahang yang kuat
  • Tidak memiliki dagu
  • Menunjukkan ciri – ciri manusia tetapi mendekati kera
  • Berbadan besar dan tegap
  • Diperkirakan berasal dari 2-1 juta tahun yang lalu

Berdasarkan ciri fisik diatas, para ahli menyimpulkan bahwa Meganthropus Paleojavanicus mengonsumsi tumbuhan dan buah – buahan. Berdasarkan fosil yang ditemukan, Meganthropus Paleojavanicus termasuk dalam spesies Homo Habilis. Homo habilis merupakan manusia purba yang menyerupai manusia dan primata. Disebut Habilis karena pada tempat – tempat penemuan tulang belulang Meganthropus ditemukan pula jenis batu yang diperkirakan digunakan sebagai peralatan.

Jenis Homo Habilis hidup diperkirakan sekitar 3.750.000 – 1.500.000 SM. Hingga kini para ahli masih kesulitan dalam mengidentifikasi keberadaan dan peninggalan Homo Habilis. Para ahli berbeda pendapat mengenai apakah Meganthopus Paleojavanicus sebagai Pithecanthropus atau Homo Habilis.

Fosil Meganthropus Peleojavanicus

Pola Hidup Meganthropus Paleojavanicus

Pola hidup manusia purba Meganthropus Paleojavanicus adalah nomaden (berpindah – pindah). Meganthropus Paleojavanicus adalah manusia purba vegetarian yang memakan jenis tumbuh – tumbuan dan buah – buahan. Diperkirakan manusia purba jenis ini hidup dengan berkelompok dan sudah mampu membedakan tugas laki – laki dan perempuan. Diperkirakan musnahnya Meganthropus Paleojavanicus adalah karena tidak bisa bersaing dengan manusia purba pendatang yaitu Pithecanthropus Erectus.

Video Meganthropus Paleojavanicus

Video diatas adalah video Ardipithecus Ramidus yang memiliki ciri fisik yang hampir sama dengan meganthropus.

Bagikan:

Rahmad Ardiansyah

Perkenalkan, saya Rahmad Ardiansyah, S.Pd. Guru lulusan pendidikan sejarah Universitas Negeri Semarang. Sejak menjadi pelajar saya hobi terkait IT terkhusus pengelolaan blog. Selain mengelola website Idsejarah.net, saya juga menjadi admin web mgmpsejarahsmg.or.id, admin web sma13smg.sch.id sekaligus menjadi salah satu penulis LKS di Modul Pembelajaran MGMP Sejarah SMA Kota Semarang. Saat ini saya sedang menjalankan program Calon Guru Penggerak angkatan 10. Projek web Idsejarah.net saya harapkan akan menjadi media untuk mempermudah guru sejarah dalam mengakses artikel, video, dan media pembelajaran terkait pembelajaran sejarah. Website ini akan terus dikelola dan dikembangkan agar semakin lengkap. Kedepannya besar harapan saya untuk mengembangkan aplikasi android untuk guru sejarah. Selain mengelola website, saya juga aktif mengelola channel Youtube Idsejarah sebagai media berekspresi platform video online.

Leave a Comment

Bantu kami untuk lebih berkembang dengan subcribe channel youtube idsejarah