Mengenal Teknologi LIDAR dalam Menguak Misteri Candi

Rahmad Ardiansyah

Lidar merupakan perpanjangan kata dari light detection and raging sebuah metode yang banyak digunakan dalam survey dan mapping permukaan tanah berbasis 3D. Teknologi LIDAR banyak dimanfaatkan untuk memproyeksikan permukaan tanah oleh para geolog dan tak terkecuali dimanfaatkan oleh para arkeolog untuk memproyeksi objek – objek kajian peradaban seperti candi atau situs kuno. Dengan adanya teknologi LIDAR memungkinkan seorang arkeolog mempercepat dalam menganalisa objek berupa bentuk 3D komperhensif yang melebihi kapasitas dari Google Maps.

LiDAR (Light Detection and Ranging) merupakan istilah populer dari teknologi Airbone Laser Scanning (ALS) memiliki fitur yang sangat berguna dalam menganalisis permukaan tanah tempat sebuah candi berdiri dan tersembunyi. Airbone Laser Scanning terdiri dari sistem laser berfrekuensi tinggi, GPS (Global Positioning System), dan Inertial Measurment Unit (IMU). Informasi yang dihasilkan akan memuat bentuk permukaan tanah berupa tiga dimensi. Penggunaan LIDAR sangat membantu dalam mengenali objek di vegetasi lebat seperti di hutan atau pegunungan karena laser pulse yang dipancarkan LIDAR mampu menembus hingga permukaan tanah. Penggunaan LIDAR sudah dimanfaatkan dalam memetakan situs Angkor Wat di Kamboja.

Video Pemanfaatan LIDAR dalam dunia arkeologi

Bagikan:

Tags

Rahmad Ardiansyah

Perkenalkan, saya Rahmad Ardiansyah, S.Pd. Guru lulusan pendidikan sejarah Universitas Negeri Semarang. Sejak menjadi pelajar saya hobi terkait IT terkhusus pengelolaan blog. Selain mengelola website Idsejarah.net, saya juga menjadi admin web mgmpsejarahsmg.or.id, admin web sma13smg.sch.id sekaligus menjadi salah satu penulis LKS di Modul Pembelajaran MGMP Sejarah SMA Kota Semarang. Saat ini saya sedang menjalankan program Calon Guru Penggerak angkatan 10. Projek web Idsejarah.net saya harapkan akan menjadi media untuk mempermudah guru sejarah dalam mengakses artikel, video, dan media pembelajaran terkait pembelajaran sejarah. Website ini akan terus dikelola dan dikembangkan agar semakin lengkap. Kedepannya besar harapan saya untuk mengembangkan aplikasi android untuk guru sejarah. Selain mengelola website, saya juga aktif mengelola channel Youtube Idsejarah sebagai media berekspresi platform video online.

Leave a Comment

Bantu kami untuk lebih berkembang dengan subcribe channel youtube idsejarah