Ciri – Ciri dan Sejarah Australopithecus Robustus

Rahmad Ardiansyah

Fosil Australopithecus robustus banyak ditemukan di wilayah Afrika Selatan. Australopithecus robustus ditemukan oleh Robert Broom di Kromdraai dan Swaktrans, Afrika Selatan. Australopithecus robustus diperkirakan hidup 2-1 juta tahun yang lalu, memiliki bentuk tubuh yang lebih tinggi, berat, dan kekar. Berikut ciri-ciri Australopithecus robustus berdasarkan buku Sangiran Menjawab Dunia.

  1. Memiliki susunan gigi taring dan seri yang lebih teratur.
  2. Rahang dan gigi berukuran besar serta kuat.
  3. Muka lebih lebar, lebih datar, dan lebih rendah dibandingkan Australopithecus africanus.

Australopithecus robustus menurut para ahli termasuk tipe vegetarian yang meng-gantungkan makanannya pada tumbuh-tumbuhan, dedaunan, buah-buahan, dan biji-bijian

Bagikan:

Tags

Rahmad Ardiansyah

Perkenalkan, saya Rahmad Ardiansyah, S.Pd. Guru lulusan pendidikan sejarah Universitas Negeri Semarang. Sejak menjadi pelajar saya hobi terkait IT terkhusus pengelolaan blog. Selain mengelola website Idsejarah.net, saya juga menjadi admin web mgmpsejarahsmg.or.id, admin web sma13smg.sch.id sekaligus menjadi salah satu penulis LKS di Modul Pembelajaran MGMP Sejarah SMA Kota Semarang. Saat ini saya sedang menjalankan program Calon Guru Penggerak angkatan 10. Projek web Idsejarah.net saya harapkan akan menjadi media untuk mempermudah guru sejarah dalam mengakses artikel, video, dan media pembelajaran terkait pembelajaran sejarah. Website ini akan terus dikelola dan dikembangkan agar semakin lengkap. Kedepannya besar harapan saya untuk mengembangkan aplikasi android untuk guru sejarah. Selain mengelola website, saya juga aktif mengelola channel Youtube Idsejarah sebagai media berekspresi platform video online.

Leave a Comment

Bantu kami untuk lebih berkembang dengan subcribe channel youtube idsejarah