Cinta Tanah Air (Pendidikan Kewarganegaraan)

Rahmad Ardiansyah

A.    Pengertian Cinta Tanah Air

Cinta tanah air adalah suatu kasih sayang dan suatu rasa cinta terhadap tempat kelahiran atau tanah airnya. Secara lebih kongkrit makna Cinta tanah air adalah perasaan yang timbul dari dalam hati sanubari seorang warga Negara, untuk mengabdi, memelihara, membela, melindungi tanah airnya dari segala ancaman dan gangguan. Definisi lain mengatakan bahwa Rasa cinta tanah air adalah rasa kebanggaan, rasa memiliki, rasa menghargai, rasa menghormati dan loyalitas yang dimiliki oleh setiap individu pada negara tempat ia tinggal yang tercermin dari perilaku membela tanah airnya, menjaga dan melindungi tanah airnya, rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negaranya, mencintai adat atau budaya yang ada dinegaranya dengan melestarikannya dan melestarikan alam dan lingkungan. Contoh nyatanya misalnya berupa perjuangan para pahlawan yang telah rela menumpahkan darahnya demi kemerdekaan bangsa Indonesia. Sebagai seorang pelajar kita juga dapat menunjukkan rasa cinta kita terhadap tanah air dengan cara:

  • Belajar dengan rajin dan menjadi orang yang pantai dan mapu melakukan inovasi baru agar bangsa tercinta kita tidak ketinggalan dengan bangsa lainnya
  • Menjaga kelestarian lingkungan hidup
  • Berbakti kepada orang tua , nusa dan bangsa
  • Serta tindakan terpuji lainnya yang mampu memberi nilai positif terhadap bangsa

B.     Pentingnya Cinta Terhadap Tanah Air

Kemerdekaan bangsa Indonesia di dapat bukan atas hadiah dari bangsa penjajah namun merupakan perjuangan dari pahlawan yang telah rela berkorban harta, waktu serta nyawanya untuk kemerdekaan suatu bangsa yakni bangsa Indonesia. Dengan perjuangan pada tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya. Sejak itu, bangsa Indonesia bertekad untuk melindungi bangsanya dari  gangguan baik yang datang dari dalam maupun dari luar.Cara-cara meningkatkan rasa cinta tanah air:

  1. Mempelajari sejarah perjuangan para pahlawan pejuang kemerdekaan kita serta menghargai jasa para pahlawan kemerdekaan.
  2. Menghormati upacara bendera sebagai perwujudan rasa cinta tanah air dan bangsa Indonesia.
  3. Menghormati symbol-simbol Negara seperti lambang burung garuda, bender merah putih, lagu kebangsaan Indonesia raya, dll.
  4. Mencintai dan menggunakan produk dalam negeri agar pengusaha local bisa maju sejajar dengan pengusaha asing.
  5. Ikut membela serta mempertahankan kedaulatan kemerdekaan bangsa dan Negara Indonesia dengan segenap tumpah darah secara tulus dan iklhas.
  6. Turut serta mengawasi jalannya pemerintahan dan membantu meluruskan yang salah sesuai dengan mekanisme yang berlaku.
  7. Membantu mengharumkan nama bangsa dan Negara Indonesia kepada warga Negara asing baik di dalam maupun di luar negeri serta tidak melakukan tindakan-tindakan yang mencoreng nama baik Indonesia.
  8. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar pada acara-acara resmi dalam negeri.
  9. Beribadah dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk kemajuan bangsa dan Negara.
  10. Membantu mewujudkan ketertiban dan ketemtraman baik di lingkungan sekitar kita maupun secara nasional.

C.     Kasus– Kasus Miris tentang Cinta Tanah Air

1.       Menggunakan Produk Lokal
Zaman modern sekarang ini barang- barang import makin banyak memasuki Indonesia , terutama produk produk dari China. Hal tersebut menyebabkan produk lokal tidak dapat menjadi tuan rumah di negerinya sendiri karena kalah saing dengan produk – produk luar yang ada di Indonesia. Padahal barang impor tidak menjamin lebih berkualitas dari produk lokal. Untuk itu sebagai warga negara yang baik marilah kita galakkan penggunaan produk produk dalam negeri. Selain memang bagus kualitasnya, kita juga akan membantu perekonomian dan pengangguran – pengangguran yang semakin banyak sejak industri dalam negeri gulung tikar.

2.       Bangga menjadi orang Indonesia
Banyak bangsa Indonesia yang lebih senang berlibur keluar negeri demi sebuah prestis. Padahal panorama dan keindahan di indonesia tak kalah cantik dibandingkan dengan luar negeri. Terbukti dengan banyaknya turis asing yang berlibur di Indonesia . Selain dari keindahannya, keramahan dari masyarakat Indonesia mampu menarik  para turis asing untuk datang kembai ke Indonesia. Jadi kita sebagai warga Negara Indonesia sangat rugi kalo kita yang tinggal sedekat ini belum pernah menikmati atau melihat kekayaan alam sendiri.

3.       Hemat Energi
4.       Harumkan Nama Bangsa
Mengharumkan nama bangsa tidak sesulit yang kita bayangkan. Mengharumkan nama bangsa tidak selalu harus dari hal-hal yang susah. Kita sebagai warga tidak harus bahwa kita harus mengusai Kimia, Biologi, Matematika ataupun pelajaran yang sangat susah kita kuasai, untuk mengharumkan nama bangsa kita sesuaikan saja dengan bakat dan minat masing-masing, asalkan dilakukan dengan serius dengan begitu kita akan terasa dan bukan tidak munngkin kalau disuatu saat nanti kita yang dengan bakat kita, kita akan mengharunkan nama bangsa.

Bagikan:

Rahmad Ardiansyah

Perkenalkan, saya Rahmad Ardiansyah, S.Pd. Guru lulusan pendidikan sejarah Universitas Negeri Semarang. Sejak menjadi pelajar saya hobi terkait IT terkhusus pengelolaan blog. Selain mengelola website Idsejarah.net, saya juga menjadi admin web mgmpsejarahsmg.or.id, admin web sma13smg.sch.id sekaligus menjadi salah satu penulis LKS di Modul Pembelajaran MGMP Sejarah SMA Kota Semarang. Saat ini saya sedang menjalankan program Calon Guru Penggerak angkatan 10. Projek web Idsejarah.net saya harapkan akan menjadi media untuk mempermudah guru sejarah dalam mengakses artikel, video, dan media pembelajaran terkait pembelajaran sejarah. Website ini akan terus dikelola dan dikembangkan agar semakin lengkap. Kedepannya besar harapan saya untuk mengembangkan aplikasi android untuk guru sejarah. Selain mengelola website, saya juga aktif mengelola channel Youtube Idsejarah sebagai media berekspresi platform video online.

Leave a Comment

Bantu kami untuk lebih berkembang dengan subcribe channel youtube idsejarah