Laporan Kegiatan Ekstra Rohis

Rahmad Ardiansyah

LAPORAN KEGIATAN ROHANI ISLAMIAH(ROHIS)

SMAN 13 SEMARANG

     I.    PENDAHULUAN

Ekstrakurikuler Rohani Islamiah (ROHIS) merupakan salah satu organisasi yang bergerak dibidang religius sebagai satu bentuk kegiatan pengembangan diri dan ekstrakurikuler SMAN 13 Semarang, Selain untuk meningkatkan kualitas keimanan / ketaqwaan peserta didik, Rohis SMAN 13 Semarang dibentuk dalam rangka menyikapi kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat, sehingga para peserta didik diharapkan dapat terhindar dari pengaruh globalisasi yang mengarah keperbuatan tercela seperti : pergaulan bebas, pengggunaan narkoba dan gaya hidup glamor / mewah.

Dalam sistem pendidikan Rohani Islam disesuaikan dengan kondisi dan situasi setempat, sejalan dengan aturan-aturan syari’at islam serta pedoman hidup yang diharapkan sebagai pembekalan yang harus diterapkan sejak dini, bagi generasi islam selanjutnya, dan dengan dibekali spiritual mereka menyadari bahwa sesungguhnya kita semua adalah ciptan Tuhan Yang Maha Esa.

Dalam pembentukan mental, Rohani Islam berperan penting dalam pemecahan suatu masalah baik dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah, dimana dalam kegiatan organisasi ini kita dapat menanggulangi masalah-masalah generasi muda sekarang yang kurang memahami ajaran islam. Selain itu juga, kegiatan ini dapat menggerakan pemuda – pemudi yang selalu menjalin Ukhuwah Islamiah untuk menjadi generasi bangsa indonesia yang kuat.

       II.  MAKSUD DAN TUJUAN

  1. Menciptakan generasi muslim/muslimah SMAN 13 Semarang yang cerdas serta memiliki jiwa yang unggul dalam IPTEK dan IMTAQ
  2. Memotivasi peningkatan kemampuan dan keberhasilan siswa dalam memahami islam serta menumbuhkembangkan semangat hidup beragama dilingkungan sekolah umum.
  3. Adanya peningkatan pemahaman para pelajar sekolah umum dalam wawasan agama islam sehingga mampu mempraktekannya dalam pelaksanaan ibadah sehari-hari.
  4. Memperkokoh ukhuwah islamiyah antar siswa muslim SMAN 13 Semarang.
  5. Memberikan bimbingan dan pembinaan baik moril maupun materil
  6. Mengembangkan kreatifitas dan mentalitas para siswa dalam memahami ajaran islam syi’ar islam.

         III.     KEGIATAN

  1. Bimbingan Baca dan Tulis Al-Qur’an (BTQ)
    1. Praktek Ibadah ; Sholat zhuhur berjama’ah,Sholat dhuha,sholat jenazah
    1. Tausyiah/Muhadoroh di hari Jum’at
    1. Infak jum’at
    1. Shalawat
    1. Pengajian Mingguan
    1. Pengajian Bulanan

           IV.   PELAKSANAAN KEGIATAN

  1. Nama                       : kegiatan ekstrakulikuler pengembangan diri ROHIS
  2. Peserta Kegiatan      : Seluruh anggota Siswa SMAN 13 Semarang
  3. Tempat Kegiatan      : Mushalla, Aula dan lapangan sekolah
  4. Waktu Kegiatan       :  Kamis

           V. EVALUASI

Pelaksanaan program ROHIS di SMAN 13 menjadi hal yang vital mengingat vitalnya peran Rohis dalam pelaksanaan kegiatan – kegiatan keagamaan. Pada tahun pelajaran 2019 / 2020 kegiatan Rohis diantaranya pesantren kilat, peringatan 1 Muharom, Maulid Nabi, dan Wisata Religi. Secara keseluruhan semua program terlaksanan dengan lancar. Kegiatan rutin yang diselenggarkan juga berjalan dengan baik.

Bagikan:

Tags

Rahmad Ardiansyah

Perkenalkan, saya Rahmad Ardiansyah, S.Pd. Guru lulusan pendidikan sejarah Universitas Negeri Semarang. Sejak menjadi pelajar saya hobi terkait IT terkhusus pengelolaan blog. Selain mengelola website Idsejarah.net, saya juga menjadi admin web mgmpsejarahsmg.or.id, admin web sma13smg.sch.id sekaligus menjadi salah satu penulis LKS di Modul Pembelajaran MGMP Sejarah SMA Kota Semarang. Saat ini saya sedang menjalankan program Calon Guru Penggerak angkatan 10. Projek web Idsejarah.net saya harapkan akan menjadi media untuk mempermudah guru sejarah dalam mengakses artikel, video, dan media pembelajaran terkait pembelajaran sejarah. Website ini akan terus dikelola dan dikembangkan agar semakin lengkap. Kedepannya besar harapan saya untuk mengembangkan aplikasi android untuk guru sejarah. Selain mengelola website, saya juga aktif mengelola channel Youtube Idsejarah sebagai media berekspresi platform video online.

Leave a Comment

Bantu kami untuk lebih berkembang dengan subcribe channel youtube idsejarah