Laporan Kegiatan Ekstra Seni Musik

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Kehidupan manusia tidak akan terlepas dari masalah kebudayaan. Selama manusia masih menggunakan kemampuan berfikir dan ketajaman rasanya, proses budaya akan terus berlangsung. Salah satu unsur budaya yang berfungsi untuk memuaskan naluri manusia pada keindahan adalah kesenian. 

Seni merupakan wujud ekspresi jiwa dan pikiran manusia yang dilahirkan secara estetis. Semua orang dapat menikmati seni (penikmat seni ) tapi tidak semua orang dapat mewujudkannya atau menguasai seni tersebut (pelaku seni). Hal ini erat kaitannya dengan kemampuan seseorang yang dibawa sejak lahir atau yang disaebut dengan bakat.

Pendidikan Seni merupakan sebuah Mata Pelajaran yang didalamnya terdiri dari berbagai jenis seni, diantaranya Seni Rupa, Seni Kerajinan, Seni Musik, Seni tari dan Seni Drama. Kelima jenis Seni tersebut harus dipelajari dalam waktu yang singkat, sedangkan target kurikulum yang begitu banyak harus tercapai. 

Dengan waktu yang sangat terbatas itu tidak mungkin saya selaku guru mata pelajaran tersebut dapat menggali dan menyalurkan bakat serta potensi seni yang dimiliki oleh berbagai siswa, karena tidak menutup kemungkinan dari sekian jumlah siswa banyak yang mempunyai bakat di bidang seni, dan itu perlu untuk dikembangkan dan disalurkan di luar jam Mata Pelajaran sebagai materi tambahan.

Atas dasar itulah maka di SMAN 13 Semarang perlu diadakan kegiatan akstrakurikuler kesenian sebagai wahana untuk mengembangakn kreatifitas siswa dan menyalurkan potensi seni siswa sesuai dengan bakatnya masing-masing. Dalam ekstrakurikuler kesenian terdapat beberapa jenis yaitu : seni vocal dan instrument diantaranya organ, gitar, marcing band, dan kasidah yang digolongkan kedalam musik ensambel. 

Khusus untuk ekstra vocal diadakan Audisi (penyeleksian) terlebih dahulu dengan tujuan untuk mengetahui apakah anak tersebut betul-betul berpotensi dan berbakat dibidang vocal atau tidak. Sedangkan untuk organ harus betul-betul orang yang rasa musikalitasnya tinggi, hal ini dapat meringankan beban pelatih. Dari kegiatan ekstra tersebut diharapkan dapat membentuk sebuah group seni yang siap tampil kapan pun dan dimana pun. Oleh karena itu kegiatan ekstrakurikuler ini sangat penting untuk dilaksanakan.

B. Tujuan

Kegiatan  Ekstrakurikuler kesenian mempunyai tujuan sebagai berikut :

  1. Untuk mengembangkan kreativitas siswa di bidang seni.
  2. Untuk menyalurkan bakat dan minat siswa di bidang seni.
  3. Untuk mencetak siswa-siswi SMAN 13 Semarang dalam segi keahlian seni.
  4. Untuk membentuk satu kelompok seni baik itu bidang vocal ataupun Instrumen yang dapat diandalkan dalam setiap kegiatan.
  5. Sebagai langkah awal untuk mempersiapkan kegiatan Pensi. 

C. Sasaran

Sasaran kegiatan ekstrakurikuler kesenian adalah siswa-siswi kelas X samapi kelas XI SMAN 13 Semarang terutama yang mempunyai bakat dan minat dibidang seni.

BAB II

LAPORAN KEGIATAN SENI MUSIK


A. Bidang Kegiatan Ekstrakulikuler Band

  1. Vocal Group
  2. Instrumen
  3. Drum
  4. Guitar
  5. Piano (Keyboard)

B. Program Kegiatan

  1. Memainkan berbagai pola ritme dan melodi music iringan tarian vocal
  2. Memainkan dan menciptakan permainan music perkusi
  3. Memainkan karya music klasik dan aransemen music instrumental

C. Evaluasi Kegiatan

Ekstra Seni Musik tahun 2020/2021 menunjukkan adanya peningkatan. Anak – anak kelas XI dan XII mulai tampil di beberapa event untuk mengasah kemampuan mereka dan unjuk kemampuan sebagai hasil dari proses pembelajaran seni musik. Kegiatan ekstra seni musik dilakukan rutin yang dibuktikan dengan presensi siswa.

BAB III

PENUTUP

Laporan kegiatan ekstrakurikuler Seni Musik yang telah disusun semoga dapat menjadi bahan acuan dalam pelaksanaan kegiatan dan penyusunan program kerja mendatang.  Besar harapan kami agar laporan kegiatan yang telah disusun ini mendapatkan dukungan dari segi materi ataupun non materi dari berbagai pihak sehingga program kerja yang akan datang dapat berjalan dengan baik sesuai dengan hasil  yang diharapkan.

Semoga Allah SWT selalu memberikan rahmat dan petunjuk-Nya, serta selalu memberikan kelancaran dalam setiap pelaksanaan kegiatan yang telah disusun dan direncanakan sehingga dapat terlaksana serta berjalan dengan baik dan lancar serta memberi manfaat pada kita semua..Amien.

0
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x