Kebijakan Ekonomi VOC : Contingenten, Verplichte Leverentie, Ekstirpasi

Dalam rangka meraup keuntungan besar dari tanah jajahan di Nusantara, VOC menerapkan kebijakan ekonomi diantaranya Contingenten, Verplichte Leverentie, Ekstirpasi, dan Pelayaran Hongi.

  1. Contingenten adalah kewajiban penyerahan pajak berupa hasil bumi kepada VOC. Dengan adanya kebijakan ini berdampak pada bertambahnya kemiskinan di Nusantara pada saat itu.
  2. Verplichte leverentie adalah penyerahan wajib pajak dengan harga yang telah ditentukan oleh pihak VOC. Peraturan ini melarang pribumi menjual hasil bumi kepada pedagang lain selain VOC. Hasil bumi yang masuk dalam daftar yang dijual ke VOC diantaranya lada, kapas, kayu manis, gula, beras, nila serta binatang ternak.
  3. Ekstirpasi adalah kebijakan VOC untuk membakar tanaman rempah – rempah yang melebihi ketentuan dengan tujuan menstabilkan harga di pasaran.
  4. Pelayaran Hongi adalah kegiatan pengawasan perdagangan agar tidak terjadi pasar gelap atau perdagangan di luar VOC. Tindakan VOC bagi orang yang melanggar kesepakatan ini yaitu dilakukan penyitaan barang dagangan, penjara, dijual ke pasar budak hingga dibunuh.

Dengan menerapkan kebijakan ekonomi diatas VOC mampu mengeruk keuntungan yang besar dari penjajahan di Indonesia.

0

Leave a Comment