Keuntungan Mengikuti Program Sekolah Penggerak Bagi Sekolah, Guru dan Siswa

Kemdikbudristek meluncurkan Kurikulum Merdeka sebagai bentuk tanggapan atas situasi pandemi Covid 19. Dalam rangka mendukung Kurikulum Merdeka, Kemdikbudristek meluncurkan Program Sekolah Penggerak sebagai sekolah rujukan percontohan implementasi Kurikulum Merdeka. Sekolah yang ditunjuk menjalankan Program Sekolah Penggerak harus melalui beberapa tahapan sehingga disahkan menjadi Sekolah Penggerak. Berikut ini adalah keuntungan dan manfaat bagi sekolah, guru dan siswa mengikuti Program Sekolah Penggerak :

1. Penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Sekolah

Tujuan utama Kurikulum Merdeka adalah meningkatkan mutu pendidikan yang selaras dengan Profil Pelajar Pancasila. Peningkatan mutu pendidikan nantinya akan bermuara pada penguatan hasil belajar dan SDM baik siswa maupun guru. Dengan adanya Program Sekolah Penggerak, sekolah akan mendapat pelatihan dan pendampingan intensif selama 3 tahun oleh pemerintah untuk menaikkan kualitas Sumber Daya Manusia di sebuah sekolah.

2. Pembelajaran Berbasis Paradigma Baru

Covid 19 memberi dampak cukup signifikan terhadap dunia pendidikan. Selain dampak negatif seperti kurangnya interaksi langsung antara siswa dan guru, berkurangnya jam belajar, munculnya sifat kemalasan serta menurunnya hasil belajar siswa, Covid 19 juga memberi banyak manfaat diantaranya penggunaan teknologi pendidikan yang semakin massif oleh guru maupun siswa. Perubahan zaman ini harus dihadapi oleh pihak – pihak yang berkaitan dengan pendidikan. Dengan adanya pembelajaran berbasis paradigma baru melalui Program Sekolah Penggerak diharapkan sekolah akan terarah dalam setiap kebijakan dalam menghadapi perkembangan zaman terutama di masa pandemi Covid 19 seperti saat ini.

3. Perencanaan Berbasis Data

Intervensi dari Program Sekolah Penggerak diantaranya adalah perencanaan berbasis data. Hal ini sangat penting guna mendapatkan kebijakan yang pas sesuai dengan kalkulasi data yang didapatkan dari sebuah sekolah. Manajemen sekolah harus didasarkan pada refleksi diri satuan pendidikan.

4. Digitalisasi Sekolah

Penggunaan platform pendidikan berbasis digital sangat diperlukan guna mendukung akses pembelajaran yang lebih cepat bagi siswa. Dengan adanya Program Sekolah Penggerak, sekolah akan mendapatkan pendampingan Digitalisasi Sekolah dengan tujuan mengurangi kompleksitas dan meningkatkan efisiensi. Melalui Digitalisasi Sekolah diharapkan membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan. Sangat mungkin bukan hanya pada aspek belajar dan mengajar melainkan meluas seperti pada aspek administrasi sekolah.

5. Pendampingan Konsultatif dan Asimetris

Dengan mengikuti Sekolah Penggerak, sebuah sekolah memiliki akses untuk mengikuti program kemitraan antara Kemdikbud dan pemerintah daerah apabila memiliki kesulitan dalam menjalankan program Sekolah Penggerak.

6. Menjadi Katalis Perubahan Bagi Satuan Pendidikan Lain

Program Sekolah Penggerak bisa mendongkrak mutu sekolah dan menaikkan peringkat di mata masyarakat. Melalui Program Sekolah Penggerak, sebuah sekolah akan menjadi percontohan pada satu wilayahnya dan menjadi agen perubahan.

 

0
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x