Sejarah Manchester United Paling Lengkap

Manchester United merupakan club sepak bola profesional dari Inggris yang bertempat di Old Trafford, Manchester Raya. Awalnya Manchester United didirikan sebagai klub sepakbola bernama Newton Heath LYR Football Club pada tahun 1878.
Kemudian pada tahun 1902, club ini berganti nama menjadi Manchester United dan pindah ke Old Trafford pada tahun 1910. Manchester United sudah memenangkan banyak trofi di sepak bola Inggris, termasuk rekor 20 gelar Liga, 12 piala FA, 4 piala Liga, 3 piala Eropa, piala UEFA, hinggga piala Dunia antar club FIFA.

Sejarah Awal Terbentuknya Manchester United
Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railwaiy F.C merupakan nama pertama kali yang digunakan Manchester United. Nama tersebut adalah karya dari Lanzashire dan Yorkshire yang merupakan stasiun kereta api di Newton Heath.
Setahun sebelumnya, Manchester United sudah memasuki kompetisi sepak bola dengan mulai memutuskan hubungan dengan stasiun kereta api tersebut untuk membangun perusahaan sendiri. Selain itu mereka juga mengangkat sekertaris perkumpulan “L dan YR” yang akhirnya membuat nama nya berubah menjadi Newton Heath F.C saja.

Tidak berselang lama, ternyata pada tahun 1902 tim tersebut hampir bangkrut dengan hutang sebesar 2500 euro, bahkan lapangan Bank Street miliki mereka juga ditutup. Kemudian pada tahun 1902, dengan hutang 2.670 euro yang serata dengan 250.000 euro, kehidupan Manchester United semakin berliku.

Sebelum tim ini bubar, mereka menerima investasi dari J. H. Davies, setelah dilakukan investasi, akhirnya diadakanlah rapat untuk mengganti nama club. Manchester Central dan Manchester Celtic merupakan nama yang diusulkan sebelum Louis Rocca yang merupakan seorang imigran muda asal Italia berkata “Tuan-tuan, mengapa kita tidak menggunakan nama Manchester United?”.
Nama Manchester United ditetapkan dan Manchester United secara resmi mulai eksis sejak 26 april 1902. Davies memutuskan untuk mengganti warna kebanggaan tim dan dipilihlah warna merah dan putih sebagai warna Manchester United.

Ernest Mangnall kemudian ditunjuk sebagai sekertaris club menggantikan James West yang mengundurkan diri pada tanggal 28 September 1902 silam. Kerja keras Mangnall ternyata belum membuahkan hasil karena dalam percobaan pertama untuk mengangkat tim ke divisi satu kala itu masih gagal.

Akhirnya Mangnall memutuskan untuk merekrut pemain seperti Harry Moger, Dick Duckworth, John Picken dan Charlie Roberts yang membuat dampak besar. Charlie Roberts dibeli dari Grimsby Town pada April 1904 dengan harga 750 euro.
Ternyata perekrutan pemain membuahkan hasil dan mampu masuk ke posisi tiga klasemen akhir musim 1903-1904. Akhirnya Manchester United dipromosikan ke Divisi satu, tetapi di awal musim ternyata hasilnya kurang baik, karena mereka harus puas berada di posisi ke 8 klasemen.

Akhirnya Manchester United memenangkan liga pertamanya pada tahun 1908, setelah itu pada tahun tersebut Manchester United menang atas Sheffield United dengan skor 2-1. Saat itulah kemenangan berunttun sepuluh kali Manchester United dimulai. Dan menutup musim dengan keunggulan 9 poin dari rival mereka, yaitu Aston Villa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *