Rahmad Ardiansyah Guru Sejarah di SMAN 13 Semarang sekaligus penghobi blog

Membuat Soal Pilihan Ganda di Quizizz

Quizizz menjadi salah satu pilihan dikala guru dituntut untuk melakukan pembelajaran secara daring. Fungsi Quizizz kurang lebih adalah untuk melakukan evaluasi pembelajaran berbasis quiz. Syarat membuat game quizizz adalah harus ada device baik berupa ponsel maupun PC dan koneksi internet.

Kelebihan quizizz dibandingkan google form adalah quizizz memiliki tenggang waktu dalam menjawab pertanyaan. Dengan adanya batasan waktu dalam menjawab satu soal maka siswa dituntut untuk benar – benar belajar secara maksimal agar bisa lancar dalam menjawab pertanyaan – pertanyaan. Quizizz juga bisa terkoneksi secara langsung dengan Google Classroom dan yang lebih enaknya lagi hasil koreksi di Quizizz bisa langsung tampil di daftar nilai Google Classroom.

Berikut adalah langkah – langkah pembuatan soal pilihan ganda di quizizz.

  1. Akses Quizizz.com dan login (saran pakai akun google saja untuk login biar lebih ringkas)
  2. Setelah masuk ke dasboard Quizizz.com silahkan klik “Buat Quiz Baru
  3. Pada kolom “Buat Quiz” silahkan isi judul kuis dan silahkan pilih mata pelajaran yang diampu.
  4. Pada Quiz Editor silahkan pilih “multiple choice
  5. Pada halaman berikutnya adalah laman untuk membuat soal, sebagai contoh seperti berikut ini

    Pada sebelah kanan soal ada tanda centang yang berfungsi untuk memilih soal yang benar
  6. Setelah selesai membuat kuis klik “Quiz Selesai” pada kanan atas laman
  7. Di “Rincian Kuis” silahkan pilih Bahasa Indonesia dan gradenya sesuai dengan kelas yang diampu. Lalu klik simpan.
  8. Untuk menggunakan soal kuis ini klik “Latihan” dan klik “Bagikan tautan latihan” link yang ada di pop up tersebut bisa dikirim ke siswa untuk digunakan latihan soal
  9. Link diserahkan ke siswa untuk dikerjakan

Setelah kita mempelajari bagaimana cara membuat kuisnya, untuk melihat hasil kerjaan siswa bisa dilihat di “Hasil“. Selanjutnya adalah melakukan sinkronisasi nilai latihan soal quizizz siswa ke Google Classroom. Sebelumnya kalau belum memiliki akun google classroom silahkan baca postingan “Membuat Google Classroom untuk Kelas Daring“.

  1. Untuk mensinkronkan nilai siswa dengan Google Classroom agar secara otomatis nilai masuk ke Google Classroom adalah dengan memberikan PR ke siswa. Cara yang pertama klik “Jadikan PR
  2. Selanjutnya tentukan tenggang waktu sampai kapan siswa dapat mengerjakan
  3. Klik tidak ditugaskan untuk setiap kelas klik “pilih” dan sinkronkan dengan Google Classroom kalian, terakhir akan muncul gambar seperti ini.
  4. Judul Tugas silahkan diisi dan jadwal rinciannya juga. Setelah selesai maka ketika siswa mengerjakan akan secara otomatis nilai akan masuk ke Google Classroom

Diatas sudah saya jelaskan panjang lebar mengenai quizizz dan google Classroom. Menurut saya cara ini cukup efektif untuk mengetes anak dalam hal pemahaman dan evaluasi siswa. Guru juga terbantu karena tidak harus mengoreksi satu persatu soal. Cukup sekian, terimakasih.

Nilai artikel ini

Rata - rata 0 / 5. Total voting 0

Jadilah orang pertama yang memvoting

Rahmad Ardiansyah Guru Sejarah di SMAN 13 Semarang sekaligus penghobi blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *