Rahmad Ardiansyah Guru Sejarah di SMAN 13 Semarang sekaligus penghobi blog

Laporan Kegiatan Ekstra English Conversation Club

A. Latar Belakang

Tujuan pendidikan nasional menurut UU  No. 20 tahun 2003 pasal 4 menyatakan “Pendidikan Nasional bertujuan mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia . sehat, berilmu, kreatif, mandiri, estetis dan demokratis  serta memiliki rasa kemasyarakatan dan kebangsaan“.

Untuk mewujudkan semua itu saat era globalisasi sekarang ini, perkembangan potensi dan daya kompetitif siswa secara maksimal menjadi dambaan segenap warga. Melalui pembinaan potensi siswa diharapkan dapat mewujudkan siswa menjadi generasi yang cerdas, kreatif dan kompetitif.

Berdasarkan kepercayaan pemerintah dan dinas ke pendidikan Tanah datar  bahwa sekolah SMAN 13 Semarang layanan ke unggulan yang mempunyai visi dan misi mengembangkan generasi cemerlang berdasarkan iptek dan imtaq yang juga untuk menyingkapi masa globalisasi maka kami merasa perlu untuk menngadakan extracurricular English Club

B. Tujuan Kegiatan

Dengan adanya English Club di SMAN 13 Semarang bertujuan sebagai berikut:

  1. Menyediakan sebuah wadah pembelajaran Bahasa Inggris yang lebih menyenangkan bagi siwa dalam menggunakan dan mempraktekan Bahasa Inggris.
  2. Membangun semangat siswa untuk terus belajar dan mengembangkan keterampilan komunikasi siswa dalam Bahasa Inggris.
  3. Untuk memperbanyak / menambah vocabulary siswa-siswi SMAN 13 Semarang dengan layanan keunggulan.
  4. Siswa–siswi SMAN 13 Semarang dengan  layanan keunggulan  mampu berkomunikasi Bahasa Inggris secara aktif .
  5. Siswa-siswi SMAN 13 Semarang dengan layanan keunggulan mampu mengekspresikan cerita dalam berbahasa inggris.
  6. Siswa-siswi SMAN 13 Semarang dengan layanan keunggulan mampu untuk berkompetensi dalam story telling  dan speech contest
  7. Siswa-siswi SMAN 13 Semarang mampu untuk bermain peran/ berlakon dalam membawakan cerita berbahasa inggris dan mengetahui culture dari bahasa inggris tersebut.

C. Bentuk Kegiatan

Bercerita dalam bahasa Inggris , game, membaca dalam bahasa inggris, mengarang dalam bahasa inggris, bermain peran menggunakan bahasa inggris.

D. Sasaran  Kegiatan

Siswa-siswi SMAN 13 Semarang dengan layanan unggulan yang memilih extracurricular English Club agar mampu sebagai sekolah yang pembelajarannya bisa di laksanakan diluar kelas dan juga Out Door Activities, agar siswa dapat mengembangkan speaking dan writing mereka (berbicara, menulis dalam Bahasa Inggris) secara aktif dan mampu berkompetensi dalam story telling dan speech contest baik dikabupaten maupun propinsi.

F. Waktu Kegiatan

Kegiatan ini dilaksanakan pada:

Hari                      : Kamis

Jam                       : 15.00 s.d 17.00 WIB

G. Hasil Kegiatan

Ekstra English Conversation Club (ECC) tahun 2019/2020 memasuki tahun ketiga menunjukkan gebrakannya. Anak-anak kelas XI dan XII mulai mencari anggota baru dan mendapat tanggapan positif dari kelas X yang berminat bergabung dengan ekstra English Conversation Club (ECC). Mengasah conversation dan debat Bahasa Inggris mendapat prioritas.  ECC belum sempat mengikuti lomba – lomba debat Bahasa Inggris di tahun ini dikarenakan adanya pandemic Corona. 

H. Penutup

Laporan kegiatan ekstrakurikuler English Conversation Club (ECC) yang telah disusun semoga dapat menjadi bahan acuan dalam pelaksanaan kegiatan dan penyusunan program kerja mendatang.  Besar harapan kami agar laporan kegiatan yang telah disusun ini mendapatkan dukungan dari segi materi ataupun non materi dari berbagai pihak sehingga program kerja yang akan datang dapat berjalan dengan baik sesuai dengan hasil  yang diharapkan.

Semoga Allah SWT selalu memberikan rahmat dan petunjuk-Nya, serta selalu memberikan kelancaran dalam setiap pelaksanaan kegiatan yang telah disusun dan direncanakan sehingga dapat terlaksana serta berjalan dengan baik dan lancar serta memberi manfaat pada kita semua..Amien.

Nilai artikel ini

Rata - rata 0 / 5. Total voting 0

Jadilah orang pertama yang memvoting

Rahmad Ardiansyah Guru Sejarah di SMAN 13 Semarang sekaligus penghobi blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *