Rahmad Ardiansyah Guru Sejarah di SMAN 13 Semarang sekaligus penghobi blog

Laporan Kerja Ekstra Paskibra

A.    Pendahuluan

Dalam Paskibra, baris-berbaris merupakan suatu wujud sikap fisik guna menanamkan sikap disiplin, Patriotisme, tanggung jawab, serta membentuk sikap lahir dan batin yang diarahkan pada terbentuknya perwatakan yang disiplin dan bertanggung jawab.

Tujuan dari  beris berbaris adalah menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa persatuan, disiplin sehingga dengan demikian senantiasa dapat mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan individu, dan secara tak langsung juga menanamkan rasa tanggung jawab. Menumbuhkan adalah mengarahkan pertumbuhan tubuh yang diperlukan untuk tugas pokok tersebut sampai dengan sempurna. Rasa persatuan adalah rasa senasib sepenanggungan serta adanya ikatan batin yang sangat diperlukan dalam menjalankan tugas. Disiplin adalah mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan individu yang hakikatnya tidak lain dari pada keihklasan, penyisihan/menyisihkan pilihan hati sendiri. 

Oleh sebab itu SMAN 13 Semarang membentuk pasukan Paskibra untuk melaksanakan kegiatan – kegiatan paskibra seperti upacara hari senin, upacara hari besar dan kegiatan – kegiatan lomba paskibra.

B.     Landasan Kegiatan

1.     Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0461/U/1984 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah

2.      Program Kerja Paskibra SMAN 13 Semarang masa bakti 2019/2020

C.    Maksud dan Tujuan

1.      Sebagai wujud motivasi jiwa muda yang peduli akan kegiatan-kegiatan yang bersifat Nasionalis dan Patriotisme.

2.      Mempererat tali persaudaraan serta silahturahmi pada sesama anggota Paskibra

3.      Memupuk jiwa sportifitas serta melatih kekompakan

D.    Hasil Kegiatan

Kegiatan Paskibra Satya Airlangga SMAN 13 Semarang memiliki agenda rutin tiap tahun diantaranya upacara hari senin, makrab, pelantikan anggota Paskib, hingga upacara hari besar. Secara keseluruhan kegiatan Paskib berjalan dengan lancar. Berbeda dengan tahun sebelumnya, di tahun 2019 / 2020 Paskibra tidak mengikuti kegiatan lomba. Di akhir tahun ajaran dikarenakan adanya pandemic Covid 19 maka kegiatan paskibra terhenti untuk sementara.

E.    Penutup

Demikian Laporan Kegiatan Lomba Keterampilan Baris Berbaris (LKBB) GRAHA (Gerak Aksi Harmonisasi) 2019 kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Nilai artikel ini

Rata - rata 0 / 5. Total voting 0

Jadilah orang pertama yang memvoting

Rahmad Ardiansyah Guru Sejarah di SMAN 13 Semarang sekaligus penghobi blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *