Rahmad Ardiansyah Guru Sejarah di SMAN 13 Semarang sekaligus penghobi blog

Candi Gentong

CandiGentong

Candi Gentong merupakan satu kesatuan dengan Candi Tengah dan Candi Gedong. Karena dianggap salah satu situs penting bagi Kerajaan Majapahit, maka pemerintah melelui proyek Pembinaan Peninggalan Sejarah dan Purbakala Bekas Kota Kerajaan Majapahit melakukan penggalian di situs ini.

Candi Gentong berada di Dukuh Jambu Mente, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Mojokerto. Candi ini memiliki denah bujur sangkar dengan ukuran 23,5 x 23,5 meter dan tinggi 2,45 meter dengan pintu menghadap ke barat. Saat ditemukan pertama kali candi ini berbentuk gundukan tanah, penggalian baru dilakukan pada tahun 1994 hingga 1998. Ketika penggalian dilakukan, banyak ditemukan artefak – artefak diantaranya keramik dari masa dinasti Yuan dan Ming, fragmen tembikar, mata uang cina, emas, stupika dan arca Budha.

Candi Gentong merupakan candi beraliran Buddha. Dari analisa carbon dating yang dilakukan oleh Pusat Pengembangan dan Penelitian Geologi Bandung, diketahui bahwa candi ini dibangun pada tahun 1370 pada masa Hayam Wuruk yang dibangun untuk melakukan upacara Sraddha  memperingati meninggalnya sang ibu dari Hayam Wuruk, Tribuwana  Tungga Dewi. Upacara ini dimaksudkan untuk memohon kesejahteraan  pemerintahan.

Nilai artikel ini

Rata - rata 0 / 5. Total voting 0

Jadilah orang pertama yang memvoting

Rahmad Ardiansyah Guru Sejarah di SMAN 13 Semarang sekaligus penghobi blog

Candi Morangan

Rahmad Ardiansyah
42 sec read

Candi Gambar Wetan

Rahmad Ardiansyah
40 sec read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *