Wilayah Teritorial Kerajaan Majapahit (Hasta Mandala Majapahit)

Rahmad Ardiansyah

Hasta Mandala merupakan wilayah kekuasaan Majapahit yang terbagi menjadi 8 wilayah. Istilah Hasta Mandala disebutkan di dalam kitab Negarakertagama yang dibuat pada masa Majaahit oleh Mpu Prapanca. Di kitab tersebut menceritakan tentang keberhasilan Gajah Mada dalam penyatuan wilayah teritorial Nusantara dan membaginya ke dalam Hasta Mandala Dwipa (delapan kawasaan pulau). Kawasan Hasta Mandala tidak hanya terikat pada pulau saja tetapi juga wilayah laut – laut diantara wilayah – wilayah Hasta Mandala.

Kawasan Hasta Mandala Dwipa
Berikut ini adalah pembagian hasta mandala dwipa yang dibagi pada zaman Majapahit

  • Mandala I, Wilayahnya adalah seluruh Jawa meliputi Jawa, Madura serta Galiyao (Kangean)
  • Mandala II, Wilayah Sumatera termasuk Lampung, Palembang, Barus, Batan, Lamuri, Barat (Aceh), Perlak, Tamiang, Mandahiling, Haru, Kempe, Pane, Kampar, Rekan, Siak, Minangkabau, Kahwas, Kandis, Dharmacraya (Sijunjung), Muara Tebo, Karitang (Indragiri), dan Jambi.
  • Mandala III, Wilayah Kalimantan yang meliputi Tanjungpuri, Malanua, Tanjung Kutai, Tabalong (Amuntai) Sebuku, Barite, Pasir, Solot (Sulu) Kalka Saludung, Baruneng (Brunei) Tirem (Peniraman), Samedang (Simpang), Landak, Kadangdangan (Kendangwangan), Lawai (Muara Labai), Sambas, Kota Waringin, Sdu (Sedang di Serawak), Kuta Lingga (Serawak), Sampit, Katingan dan terakhir
    Kapuas.
  • Mandala IV, Wilayah Semenanjung Melayu diantaranya, Pahang, Niran (Karimun), Kanjap (Singkep), Jere, Keda, Pakamuar (Pekan Muar), Nacor (Ligor), Trangganu, Kelantan, Kelang (Negeri Sembilan), Sanghyang Hujung, Tumasik (Singapura), Dungun (di Trengganu), Saimwang (Semang), Lengkaksuka (Kedah), dan Hujungmedini (Johor)
  • Mandala V, Wilayah di timur pulau Jawa meliputi Pulau Bali, Sumba dan Timur (Timor), Saksak (Lombok Timur), Mirah (Lombok Barat), Gurun (Gorong) Hutan Kandali (Baru) Geram, Bhima, Sanghyang Api (Sangeang), Sapi, Dompo, Taliwang (Sumbawa), Gurun (Nusa Penida), Lwagajah dan Bedulu Mandala VI, Wilayah Sulawesi meliputi Banthayang (Bonthain) Luwuk (Luwu) Makassar, Solot (Solor), Galiyao Selaya, Kunir, Benggawi (Banggai) serta Butun (Buton)
  • Mandala VII, Wilayah Maluku diantaranya Muar (Kei), Maloko (Ternate), Ambwan (Ambon), dan Wandan (Banda) Mandala VIII, Wilayah Papua meliputi Onin (Papua Barat dan Seran (Papua Selatan)

Bagikan:

Tags

Rahmad Ardiansyah

Perkenalkan, saya Rahmad Ardiansyah, S.Pd. Guru lulusan pendidikan sejarah Universitas Negeri Semarang. Sejak menjadi pelajar saya hobi terkait IT terkhusus pengelolaan blog. Selain mengelola website Idsejarah.net, saya juga menjadi admin web mgmpsejarahsmg.or.id, admin web sma13smg.sch.id sekaligus menjadi salah satu penulis LKS di Modul Pembelajaran MGMP Sejarah SMA Kota Semarang. Saat ini saya sedang menjalankan program Calon Guru Penggerak angkatan 10. Projek web Idsejarah.net saya harapkan akan menjadi media untuk mempermudah guru sejarah dalam mengakses artikel, video, dan media pembelajaran terkait pembelajaran sejarah. Website ini akan terus dikelola dan dikembangkan agar semakin lengkap. Kedepannya besar harapan saya untuk mengembangkan aplikasi android untuk guru sejarah. Selain mengelola website, saya juga aktif mengelola channel Youtube Idsejarah sebagai media berekspresi platform video online.

Leave a Comment

Bantu kami untuk lebih berkembang dengan subcribe channel youtube idsejarah