Membangun Web Sekolah Berbasis Blogspot Bisakah?

Web sekolah menjadi bagian penting dalam rangka penyebaran informasi kepada masyarakan dalam bidang digital. Web sekolah tidak dapat dipungkiri banyak yang masih belum dapat memaksimalkan fungsinya sehingga banyak web sekolah yang terbengkalai. Kali ini Idsejarah.net akan membahas mengenai website sekolah dan bagaimana membangun web sekolah menggunakan dana minim terutama menggunakan cms blogspot.

Manfaat Web Sekolah

Web sekolah merupakan website berisi berbagai informasi yang dapat diakses siapa saja. Manfaat web sekolah bagi masyarakat adalah sebagai bahan informasi mengenai info – info terupdate. Web sekolah juga dapat digunakan sebagai profil sekolah atau media informasi kepada khalayak umum. Selain itu web sekolah juga dapat difungsikan sebagai sumber belajar bagi siswa dan guru. Pada masa pandemi web sekolah banyak yang dikembangkan diantaranya sebagai Learning Management System (LMS). Selain itu web sekolah juga dapat dikomersialisasi dengan adanya Google Adsense. Dengan banyaknya fungsi web maka sangat penting sebuah sekolah mengaktifkan dan mengembangkan secara maksimal fungsi web sekolah.

Membangun Web Sekolah Mudah dan Hemat Menggunakan CMS Blogspot

Blogger.com atau bisa disebut juga Blogspot adalah platform web populer yang digunakan jutaan atau mungkin milyaran orang di seluruh dunia. Blogspot merupakan platform milik Google yang disewakan secara gratis tanpa biaya. Mengapa memilih Blogspot? Karena blogspot hemat biaya. Inilah yang diperlukan sekolah – sekolah dengan keterbatasan biaya perawatan web. Sekolah hanya mengeluarkan biaya domain sch.id, sedangkan hostnya adalah blogger.com.

Berikut adalah langkah membuat web sekolah berbasis blogspot :

1. Siapkan Domain SCH.ID

Web sekolah resmi harus berdomain sch.id. Domain ini yang nantinya menjadi alamat utama web sekolah. Domain sch.id dapat diperoleh di penyedia hosting lokal seperti niagahoster, rumahweb dan lain sebagainya. Apabila menginginkan domain secara resmi dari pemerintah silahkan hubungi PANDI dengan harga berkisar 60.000, – pertahun.

2. Memiliki Blog di Blogger.com

Langkah selanjutnya adalah menyediakan blog di hosting blogger.com. Anda hanya butuh akun email Gmail kemudian akses blogger.com untuk membuat blog.

3. Menautkan Domain SCH.ID ke Blogger.com

Setelah dua syarat diatas sudah dimiliki silahkan tautkan domain dan blog yang sudah dibuat. Apabila semua berjalan secara sempurna maka web sekolah sudah siap dikelola dan diluncurkan sebagai web utama. Jangan lupa daftarkan domain web sekolah ke Google agar dapat dicari melalui mesin pencarian Google. Tutorial cara menautkan dapat dicari di Google atau Youtube.

4. Mendesain Tampilan Web

Setelah web sudah bisa diakses, untuk memperindah tampilah anda perlu mengubah template dari web sekolah anda. Template banyak tersebar di Google untuk digunakan sebagai tampilan web sekolah. Template premium sangat direkomendasikan agar tampilan terlihat bagus dan resmi layaknya web mahal.

Dengan menerapkan empat langkah diatas maka selamat sekolah anda sudah memiliki web dengan harga murah dan mampu dioperasikan. Apabila ada kesulitan dalam membangun web sekolah dengan harga murah dapat berkonsultasi dengan saya di wa 0895320135663.

0

Leave a Comment

Bantu kami untuk lebih berkembang dengan subcribe channel youtube idsejarah