Jenis – Jenis Teknologi Persenjataan

Pesawat terbang merupakan pesawat yang mampu terbang di atas udara atau atmosfer. Pesawat terbang pertama yang dilengkapi senapan mesin adalah pesawat Morane Saulnier milik Prancis. Awalnya pesawat terbang tidak dilengkapi senjata, hanya digunakan untuk kepentingan komunikasi dan pengintaian. Berkat penemuan Roland Garros dari Prancis, kemudian pesawat terbang dilengkapi dengan senapan mesin pada kokpit yang dikendalikan oleh pilot.

  • Tank

Tank merupakan kendaraan tempur lapis baja yang bergerak menggunakan roda berbentuk rantai. Tank diciptakan tahun 1914 oleh Sir Ernest Swinton Dunlop dari Inggris. Saat berlangsung Perang Dunia I, sistem parit menjadi pertahanan utama yang digunakan. Namun pada akhirnya sistem pertahanan parit dapat ditembus oleh Inggris menggunakan tank Mark V. Tank Mark V dirancang anti peluru dan dipersenjatai meriam di setiap unitnya.

  • Big Bertha

Big Bertha merupakan meriam yang dimiliki Jerman dengan bobot ratusan ton dan kaliber 16.5 inci. Big Bertha dapat ditarik dengan kendaraan militer atau menggunakan penggerak sendiri.

  • Senapan

Senapan merupakan peralatan mekanik yang dapat menembakkan peluru pada kecepatan tinggi. Adapun pendorong yang digunakan berupa bubuk mesiu atau udara yang dipadatkan Senapan pertama diciptakan pada tahun 1868 oleh John Moses Browning dari Ame Serikat. Saat Perang Dunia I, Jerman memiliki senapan mesin tipe Maxim MG 08 Senanon ini menjadi andalan Jerman untuk menyerang Sekutu karena senapan mampu mene, Sekutu karena senapan mampu menembakkan 500 peluru per menit.

  • Kapal Selam

Kapal selam merupakan kapal yang bergerak di bawah permukaan air dan umumnya digunakan untuk kepentingan militer. Sketsa kapal selam pertama kali muncul pada abad ke-15 dalam lukisan Leonardo da Vinci. Kemudian pada abad ke-16 sketsa kapal tersebut diterjemahkan dalam bentuk kapal selam yang sebenarnya oleh Cornelis van Drebbel dari Belanda. Dalam perkembangan selanjutnya Jerman berhasil memanfaatkan teknologi kapal selam dengan menciptakan U-boat (pada Perang Dunia I) yang mampu berlayar di bawah air dengan kecepatan 9 knot dan 17 knot di atas permukaan. U-boat dipersenjatai dengan senapan dan tabung torpedo untuk menyerang dan menenggelamkan kapal musuh. Kemudian pada Perang Dunia II U-boat berhasil disempurnakan dan populer dengan sebutan U-class.

  • Paris Gun

Paris gun merupakan granat ringan yang diciptakan Jerman dengan berat 94 kg dan mampu mengebom musuh dari jarak 100 kilometer.

  • Senjata Biologi

Senjata biologi merupakan senjata yang menggunakan bakteri, virus atau organisme lainnya sebagai alat untuk membunuh, melukai atau melumpuhkan musuh. Senjata biologi yang digunakan seperti Smallpox (cacar), Anthrax, Ebola, Plague (pes), Tularemia, dan Botulinum.

  • Senjata Kimia

Senjata kimia merupakan senjata yang memanfaatkan sifat racun senyawa kimia untuk membunuh, melukai, dan melumpuhkan musuh. Biasanya senjata kimia berupa gas beracun yang terdiri dari gas belerang organik, gas sarin, gas fosgene, dan gas klorin.

0
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x