Sejarah Singkat Candi Bangkal

Rahmad Ardiansyah

Candi Bangkal terletak di Desa Bangkal, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Candi Bangkal merupakan candi peninggalan Majapait dengan ciri khas bahan dasar pembentuknya berasal dari batu bata merah. Namun terdapat beberapa bagian yang berasal dari batu andesit seperti pondasi dan undakan tangga serta ukiran kala. Belum ada referensi yang menjelaskan kegunaan candi ini. Candi Bangkal menghadap ke barat yang terdapat altar yang diperkirakan digunakan sebagai tempat upacara keagamaan.

Candi Bangkal berada persis di sebelah selatan Sungai Porong kira – kira berjarak 100 meter ke arah selatan. Pada sisi kiri dan kanan candi merupakan area sawah dengan ketinggian candi yang sama dengan ketinggian sawah. Maka pada saat tertentu air sawah biasanya menggenangi area candi.

Candi Bangkal berukuran panjang 10,24 meter, lebar 6,25 meter dan tinggi 10,8 meter. Keistimewaan candi ini adalah tangga yang berjumlah dua pada kaki candi yang menyatu dengan batur, serta hiasan kepala kala yang terbuat dari batu andesit. Terdapat relief yang menggambarkan tokoh yang mengendarai kuda dan memegang sebilah pedang serta memiliki bingkai berbentuk sinar. Ragam hias yang terdapat pada Candi Bangkal diantaranya motif salib portugis, motif kerang, motif sulur – sulur dan motif guirlande. N.J. Krom pernah meneliti Candi Bangkal pada tahun 1923 dan menulis dalam bukunya yang berjudul Inlending tot de Hindoe-Javaansche Bouwkunst yang menjelaskan tentang keberadaan kepala kala di Candi Bangkal.

Bagikan:

Tags

Rahmad Ardiansyah

Perkenalkan, saya Rahmad Ardiansyah, S.Pd. Guru lulusan pendidikan sejarah Universitas Negeri Semarang. Sejak menjadi pelajar saya hobi terkait IT terkhusus pengelolaan blog. Selain mengelola website Idsejarah.net, saya juga menjadi admin web mgmpsejarahsmg.or.id, admin web sma13smg.sch.id sekaligus menjadi salah satu penulis LKS di Modul Pembelajaran MGMP Sejarah SMA Kota Semarang. Saat ini saya sedang menjalankan program Calon Guru Penggerak angkatan 10. Projek web Idsejarah.net saya harapkan akan menjadi media untuk mempermudah guru sejarah dalam mengakses artikel, video, dan media pembelajaran terkait pembelajaran sejarah. Website ini akan terus dikelola dan dikembangkan agar semakin lengkap. Kedepannya besar harapan saya untuk mengembangkan aplikasi android untuk guru sejarah. Selain mengelola website, saya juga aktif mengelola channel Youtube Idsejarah sebagai media berekspresi platform video online.

Leave a Comment

Bantu kami untuk lebih berkembang dengan subcribe channel youtube idsejarah