Sejarah Singkat Candi Gambar Wetan

Rahmad Ardiansyah

Candi Gambar Wetan terletak lereng Gunung Kelud tepatnya di Perkebunan Gambar, Desa Sumberasri, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Candi Gambar Wetan dalam keadaan tidak utuh. Yang tersisa hanyalah batur candi dengan relief yang masih tersisa. Bagian lain dari komponen areal ini adalah dwarapala yang berjumlah dua buah yang menjaga tangga masuk menuju candi. 

Candi Gambar Wetan terletak di puncak bukit dengan dwarapala yang menjaga pada tangganya. Candi ini diperkirakan berasal dari masa Kerajaan Majapahit. Candi Gambar Wetan dipercaya merupakan tempat peristirahatan Hayam Wuruk dan raja Majapahit lain dalam perjalanannya menuju Gunung Kelud ataupun Candi Penataran.

Ketika ditemukan pertama kali oleh petugas perkebunan, cangkul petugas perkebunan mengenai sisi candi dan ditemukan arca. Selanjutnya dilakukan penggalian pada tahun 1992. Kata petugas, di candi ini pernah ditemukan relief Werkudara di Dam Sangiran. Namun sebelum candi ini diresmikan oleh pemerintah, banyak terjadi penjarahan oleh warga yang mengambil relief dari Candi Gambar Wetan. Pada zaman penjajahan Belanda, relief candi banyak diambil guna dijadikan pajangan di rumah Direksi Kebesaran. Namun kini patung relief telah diambil alih pemerintah serta diamankan ke museum dan dimasukkan ke Trowulan.

Tangga menuju Candi Gambar Wetan
Candi Gambar Wetan

Bagikan:

Tags

Rahmad Ardiansyah

Perkenalkan, saya Rahmad Ardiansyah, S.Pd. Guru lulusan pendidikan sejarah Universitas Negeri Semarang. Sejak menjadi pelajar saya hobi terkait IT terkhusus pengelolaan blog. Selain mengelola website Idsejarah.net, saya juga menjadi admin web mgmpsejarahsmg.or.id, admin web sma13smg.sch.id sekaligus menjadi salah satu penulis LKS di Modul Pembelajaran MGMP Sejarah SMA Kota Semarang. Saat ini saya sedang menjalankan program Calon Guru Penggerak angkatan 10. Projek web Idsejarah.net saya harapkan akan menjadi media untuk mempermudah guru sejarah dalam mengakses artikel, video, dan media pembelajaran terkait pembelajaran sejarah. Website ini akan terus dikelola dan dikembangkan agar semakin lengkap. Kedepannya besar harapan saya untuk mengembangkan aplikasi android untuk guru sejarah. Selain mengelola website, saya juga aktif mengelola channel Youtube Idsejarah sebagai media berekspresi platform video online.

Leave a Comment

Bantu kami untuk lebih berkembang dengan subcribe channel youtube idsejarah