Sejarah Singkat Candi Morangan

Rahmad Ardiansyah

Candi Morangan terletak di kaki gunung merapi tepatnya Dusun Morangan, Sindumartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Candi ini merupakan candi Hindu yang dibangun pada abad ke 9 dan 10 M pada masa Kerajaan Mataram Kuno. Bangunan Candi Morangan terdiri dari candi induk dan candi perwara yang masing – masing terbuat dari batu andesit. Candi Morangan dalam keadaan terpendam pada saat pertama kali ditemukan pada tahun 1982 yaitu pada kedalaman 6,5 meter dibawah permukaan tanah. Terdapat relief pada bagian batang kaki, batang tubuh candi yang terletak diantara perbingkaian atas dan perbingkaian bawah.

Candi perwara menghadap ke arah timur dengan ukuran 4 x 4. Candi Morangan memiliki ciri khas dimana terdapat panel relief yang merupakan bagian dari cerita Tantri Kamandaka tentang seekor harimau yang tertipu oleh seekor kambing. Cerita tersebut hanya ada dalam candi Buddha.  Terdapat arca yoni dan arca resi didalam relung – relung candi. Candi induk sendiri menghadap ke barat, memiliki 1 bilik dan berdenah bujur sangkar dengan ukuran 7,95 m x 7,95 m. Candi Morangan juga memiliki selasar dengan lebar 90 m. Profil candi ini terdiri atas sisi genteng belah rotan, bingkai persegi, serta takuk ganda. Candi Morangan berlokasi dekat dengan Kali Gendol yang sangat rawan akan adanya sapuan banjir lahar dingin.

Sumber : Gudeg.net

Bagikan:

Tags

Rahmad Ardiansyah

Perkenalkan, saya Rahmad Ardiansyah, S.Pd. Guru lulusan pendidikan sejarah Universitas Negeri Semarang. Sejak menjadi pelajar saya hobi terkait IT terkhusus pengelolaan blog. Selain mengelola website Idsejarah.net, saya juga menjadi admin web mgmpsejarahsmg.or.id, admin web sma13smg.sch.id sekaligus menjadi salah satu penulis LKS di Modul Pembelajaran MGMP Sejarah SMA Kota Semarang. Saat ini saya sedang menjalankan program Calon Guru Penggerak angkatan 10. Projek web Idsejarah.net saya harapkan akan menjadi media untuk mempermudah guru sejarah dalam mengakses artikel, video, dan media pembelajaran terkait pembelajaran sejarah. Website ini akan terus dikelola dan dikembangkan agar semakin lengkap. Kedepannya besar harapan saya untuk mengembangkan aplikasi android untuk guru sejarah. Selain mengelola website, saya juga aktif mengelola channel Youtube Idsejarah sebagai media berekspresi platform video online.

Leave a Comment

Bantu kami untuk lebih berkembang dengan subcribe channel youtube idsejarah