Ciri dan Sejarah Orrorin Tugenensis

Rahmad Ardiansyah

Sejarah Orrorin Tugenensis

Persebaran manusia purba banyak ditemukan di wilayah Afrika bagian selatan dan timur. Persebaran manusia purba ini beragam dari jenis Australopithecus hingga jenis Homo Sapiens. Salah satu jenis manusia yang ditemukan di Afrika adalah jenis Orrorin tugenensis. Manusia purba ini berasal dari wilayah Afrika Selatan.

Fosil Orrorin tugenensis ditemukan oleh tim peneliti dari Prancis yang dipimpin oleh paleontologis Brigitte Senut dan geologis Martin Pickford di wilayah Tugen Hills, Kenya Tengah. Para peneliti tersebut menemukan lebih dari 11 fosil yang berumur 6,2 sampai 6 juta tahun yang lalu. Fosil Orrorin tugenensis hidup kira – kira 6 juta tahun yang lalu. Manusia purba ini memiliki kombinasi antara sifat manusia dan kera yang khas sehingga para ahli memasukkannya dalam genus baru yang diberi nama Orrorin tugonensis yang artinya manusia asli dari Tugen.

Bagikan:

Rahmad Ardiansyah

Perkenalkan, saya Rahmad Ardiansyah, S.Pd. Guru lulusan pendidikan sejarah Universitas Negeri Semarang. Sejak menjadi pelajar saya hobi terkait IT terkhusus pengelolaan blog. Selain mengelola website Idsejarah.net, saya juga menjadi admin web mgmpsejarahsmg.or.id, admin web sma13smg.sch.id sekaligus menjadi salah satu penulis LKS di Modul Pembelajaran MGMP Sejarah SMA Kota Semarang. Saat ini saya sedang menjalankan program Calon Guru Penggerak angkatan 10. Projek web Idsejarah.net saya harapkan akan menjadi media untuk mempermudah guru sejarah dalam mengakses artikel, video, dan media pembelajaran terkait pembelajaran sejarah. Website ini akan terus dikelola dan dikembangkan agar semakin lengkap. Kedepannya besar harapan saya untuk mengembangkan aplikasi android untuk guru sejarah. Selain mengelola website, saya juga aktif mengelola channel Youtube Idsejarah sebagai media berekspresi platform video online.

Leave a Comment

Bantu kami untuk lebih berkembang dengan subcribe channel youtube idsejarah