Sejarah Singkat Candi Ngempon

Rahmad Ardiansyah

Candi Ngempon adalah salah satu candi yang terletak di Kabupaten Semarang. Candi ini terletak di Kelurahan Ngempon, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang berjarak 2 km dari pasar Karangjati. Candi Ngempon adalah peninggalan dari Wangsa Sanjaya dan dibangun pada abad ke – 8. Candi Ngempon berada pada lembah persawahan dan dikelilingi oleh pagar untuk membatasi area candi dan berada dekat dengan sungai. Candi ngempon terdiri dari sembilan bangunan, namun yang berdiri hanya empat candi. Keempat candi ini sudah direkonstruksi dan terletak di tengah area pecandian. Jika dilihat dari ukuran candi, keempat candi ini nampak sama, namun sebenarnya ada satu candi yang berukuran lebih besar dari candi lainnya. Lima candi yang lain yang belum terekonstruksi berada di belakang candi yang belum bisa diperkirakan besar dari bangunan tersebut.

Pembangunan ulang candi ini dilakukan pada tahun 1952 oleh Dinas Purbakala. Kemudian pada tahun 2006 oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala melakukan penyusunan candi lagi yang berukuran lebih kecil dari yang pertama. Yang masih tersisa adalah lima candi yang belum terekonstruksi. Sebenarnya di dalam candi terdapat arca – arca diantaranya arca Durga, Ganesa, Kinara Kinari dan Nandi, namun arca – arca ini dipindahkan ke museum Ronggowarsito Semarang.

Peta Candi Ngempon

Bagikan:

Tags

Rahmad Ardiansyah

Perkenalkan, saya Rahmad Ardiansyah, S.Pd. Guru lulusan pendidikan sejarah Universitas Negeri Semarang. Sejak menjadi pelajar saya hobi terkait IT terkhusus pengelolaan blog. Selain mengelola website Idsejarah.net, saya juga menjadi admin web mgmpsejarahsmg.or.id, admin web sma13smg.sch.id sekaligus menjadi salah satu penulis LKS di Modul Pembelajaran MGMP Sejarah SMA Kota Semarang. Saat ini saya sedang menjalankan program Calon Guru Penggerak angkatan 10. Projek web Idsejarah.net saya harapkan akan menjadi media untuk mempermudah guru sejarah dalam mengakses artikel, video, dan media pembelajaran terkait pembelajaran sejarah. Website ini akan terus dikelola dan dikembangkan agar semakin lengkap. Kedepannya besar harapan saya untuk mengembangkan aplikasi android untuk guru sejarah. Selain mengelola website, saya juga aktif mengelola channel Youtube Idsejarah sebagai media berekspresi platform video online.

2 thoughts on “Sejarah Singkat Candi Ngempon”

Leave a Comment

Bantu kami untuk lebih berkembang dengan subcribe channel youtube idsejarah