Sejarah Singkat Candi Pamotan 1 dan 2

Rahmad Ardiansyah

Candi Pamotan terletak di Desa Pamotan, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Menurut warga sekitar Candi Pamotan difungsikan sebagai tempat untuk memuat padi sebelum dikirim ke Kerajaan Majapahit. Wilayah Candi Pamotan memang merupakan area yang menghasilkan hasil bumi dengan tanah yang subur dan terkenal dengan padinya. Candi ini merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit yang terlihat dari bentuk bangunannya. Kini Candi Pamotan masuk dalam cagar budaya oleh pemerintah Sidoarjo. 

Candi Pamotan 1 dikelilingi oleh kolam yang diberi ikan mas oleh penduduk sekitar. Candi Pamotan 1 berukuran panjang 4,8 m, lebar 4,8 m, dan tinggi 2,5 m. Bagian atas candi runtuh total dan hanya tersisa bagian dasar candi. Yang nampak hanya tumpukan batu bata merah yang dikelilingi lubang persegi panjang yang tergenang jika terjadi hujan.

Candi Pamotan 1

Candi Pamotan 2 atau masyarakat mengenal dengan nama Candi Keramat terletak tak jauh dari Candi Pamotan 1 yaitu berjarak 50 meter dimana terdaat arca tanpa kepala. Kondisi Candi Pamotan 2 tak terawat, banyak lumut dan bahkan sering terkena banjir. Candi ini berada di bawah pohon bambu yang dipercaya memiliki kekuatan magis. Kedua candi ini dalam keadaan tidak terurus sehingga situs ini belum ramai dikunjungi oleh masyarakat.

Candi Pamotan 2

Bagikan:

Tags

Rahmad Ardiansyah

Perkenalkan, saya Rahmad Ardiansyah, S.Pd. Guru lulusan pendidikan sejarah Universitas Negeri Semarang. Sejak menjadi pelajar saya hobi terkait IT terkhusus pengelolaan blog. Selain mengelola website Idsejarah.net, saya juga menjadi admin web mgmpsejarahsmg.or.id, admin web sma13smg.sch.id sekaligus menjadi salah satu penulis LKS di Modul Pembelajaran MGMP Sejarah SMA Kota Semarang. Saat ini saya sedang menjalankan program Calon Guru Penggerak angkatan 10. Projek web Idsejarah.net saya harapkan akan menjadi media untuk mempermudah guru sejarah dalam mengakses artikel, video, dan media pembelajaran terkait pembelajaran sejarah. Website ini akan terus dikelola dan dikembangkan agar semakin lengkap. Kedepannya besar harapan saya untuk mengembangkan aplikasi android untuk guru sejarah. Selain mengelola website, saya juga aktif mengelola channel Youtube Idsejarah sebagai media berekspresi platform video online.

Leave a Comment

Bantu kami untuk lebih berkembang dengan subcribe channel youtube idsejarah