Pengertian Sejarah

Rahmad Ardiansyah

Old-fashioned compass with spy glass on ancient map by H. Hondius dated 1630AD

Asal Mula Kata Sejarah

Menurut William H. Freederick, secara etimologi kata sejarah berasal dari bahasa Arab sajaratun yang berarti pohon. Istilah tersebut digunakan karena pohon mirip dengan silsilah keluarga yang berbentuk pohon terbalik. Kata tersebut pertama kali diserap dalam bahasa Melayu pada abad ke 13. Meskipun demikian, dalam bahasa arab ilmu yang mempelajari peristiwa pada masa lampau disebut tarikh.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memberikan penjelasan secara umum tentang kata sejarah, yaitu :

  • Asal usul, keturunan, dan silsilah;
  • Kejadian dan peristiwa yang benar – benar terjadi pada masa lampau, hikayat, tambo; dan
  • Pengetahuan atau uraian tentang kejadian dan peristiwa yang benar terjadi pada masa lampau.

Dari penjelasan ini, dapat dikatakan bahwa sejarah tidak saja berarti asal – usul, keturunan, silsilah atau peristiwa dan kejadian yang terjadi pada masa lampau, tetapi juga pengetahuan yang tentunya melibatkan kejadian dan penelitian yang sistematis terhadap peristiwa dan kejadian yang terjadi di masa lampau tersebut.

Sejarah dalam Berbagai Bahasa

Sejarah merupakan kejadian penting manusia pada masa lalu yang disusun berdasarkan peninggalan – peninggalan berbagai peristiwa. Peninggalan – peninggalan tersebut dinamakan sumber sejarah. Dalam bahasa Inggris, sejarah disebut history yang berarti masa lampau; masa lampau umat manusia. Dalam bahasa Arab, sejarah dianggap berasal dari kata syajarotun (syajaroh) yang berarti pohon atau keturunan. Dalam bahasa Yunani, sejarah disebut istoria yang berarti belajar. Sejarah dianggap sebagai suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari berbagai peristiwa, kejadian yang terjadi pada masa lampau dalam kehidupan manusia. Dalam bahasa Jerman, kata sejarah diebut geschichte yang berarti sesuatu yang telah terjadi pada masa lampau dalam kehidupan manusia.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

  • Ibnu Khaldun
    Menurut Ibnu Khaldun, sejarah merupakan catatan tentang umat manusia atau peradaban dunia, tentang perubahan – perubahan yang terjadi pada watak masyarakat itu.
  • R. Mohammad Ali
    Menurut R. Mohammad Ali, sejarah merupakan keseluruhan perubahan dan kejadian – kejadian yang benar – benar telah terjadi atau ilmu yang menyelidiki perubahan – perubahan yang benar – benar terjadi di masa lampau
  • Moh. Yamin
    Menurut Moh. Tamin sejarah merupaan suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan bahan kenyataan.
  • Roeslan Abdulgani
    Menurut Roeslan Abdulgani, sejarah merupakan ilmu yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan di masa lampau beserta kejadian – kejadiaannya; dengan maksud untuk menilai secara kritis seluruh hasil penelitiannya, untuk dijadikan perbendaharaan pedoman bagi penelitian dan penentuan keadaan masa sekarang serta arah progres di masa depan.

Dari sejumlah pengertian diatas dapat disimpulkan pengertian sejarah secara umum bahwa :

Sejarah adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari berbagai peristiwa atau kejadian penting dalam kehidupan manusia pada masa lampau

Dari pengertian sejarah secara umum, dapat dikatakan bahwa sejarah merupakan ilmu pengetahuan yang memiliki metodologi yang akan diterapkan dalam proses penelitian sehingga peristiwa dan kejadian masa lampau bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Jika suatu peristiwa sejarah tersebut menjadi kajian yang bersifat ilmiah, maka peristiwa tersebut harus didukung oleh sejumlah bukti, baik itu berupa tulisan, artefak, fosil, maupun kajian pendukung lainnya dari berbagai sudut pandang ilmu pengetahuan lainnya.

Bagikan:

Rahmad Ardiansyah

Perkenalkan, saya Rahmad Ardiansyah, S.Pd. Guru lulusan pendidikan sejarah Universitas Negeri Semarang. Sejak menjadi pelajar saya hobi terkait IT terkhusus pengelolaan blog. Selain mengelola website Idsejarah.net, saya juga menjadi admin web mgmpsejarahsmg.or.id, admin web sma13smg.sch.id sekaligus menjadi salah satu penulis LKS di Modul Pembelajaran MGMP Sejarah SMA Kota Semarang. Saat ini saya sedang menjalankan program Calon Guru Penggerak angkatan 10. Projek web Idsejarah.net saya harapkan akan menjadi media untuk mempermudah guru sejarah dalam mengakses artikel, video, dan media pembelajaran terkait pembelajaran sejarah. Website ini akan terus dikelola dan dikembangkan agar semakin lengkap. Kedepannya besar harapan saya untuk mengembangkan aplikasi android untuk guru sejarah. Selain mengelola website, saya juga aktif mengelola channel Youtube Idsejarah sebagai media berekspresi platform video online.

Leave a Comment

Bantu kami untuk lebih berkembang dengan subcribe channel youtube idsejarah