Sinopsis Soeharto dan Barisan Jenderal Orba

Buku ini rinci mengupas sepak terjang dan kepiawaian Soeharto sebagai dalang jendral-jendralnya yang sangat setia mendominasi kelompok elite Orde Baru. Dikisahkan bagaimana Soeharto memainkan mereka dalam perang melawan barisan jendral sakit hati yang menentang kekuasaan Orde Baru, entah karena tak kebagian jatah “kue kekuasaan” atau dianggap tidak sejalan. Termasuk perang terhadap kelompok Islam politis yang dianggap Soeharto sebagai musuh bersama.

David Jenkins yang tulisannya pada 1986 menggemparkan karena membuka borok Soeharto dan bisnis keluarganya, mengerahkan segudang data dan menyajikan beragam wawancara, bahkan dengan para jendral yang berada di lingkar dalam Soeharto maupun yang tergolong pembangkang. Berbagai data akurat termasuk yang “top secret” berhasil ia peroleh berkat kepiawaiannya sebagai sarjana dan wartawan kawakan. Hasilnya uraian sejarah yang secara gamblang menggambarkan kekuasaan rezim militer yang penuh intrik, rekayasa dan tipu daya.

Karya yang sangat mengesankan. Perpaduan terbaik antara analisis sejarah dan penjelasan politik militer. Buku ini akan bertahan bertahun-tahun sebagai kunci mengenai Orde Baru.

0

Leave a Comment