Candi Serut, Sejarah dan Bagian – Bagiannya

Bagi anda yang ingin berwisata sekaligus lebih mengenal sejarah maka salah satu destinasi yang dapat anda pilih adalah mendatangi sebuah candi. Kesannya yang kental dengan tradisi membuatnya semakin menarik untuk dikunjungi. Bagi anda warga Karawang, salah satu candi yang dapat anda kunjungi adalah Candi Serut. Yuk simak ulasannya sebagai berikut.

Candi Serut

Menguak Sejarah Candi

Candi ini berada di dalam kompleks Candi Batujaya yang diperkirakan menjadi salah satu peninggalan masa Kerajaan Tarumanegara. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para arkeolog menyatakan bahwa kompleks candi ini merupakan salah satu situs candi tertua di Pulau Jawa. Perkiraannya kompleks candi ini dibangun pada abad ke 5 sampai abad ke 6 Masehi.

Kompleks candi ini ditemukan terkubur dalam sebuah kompleks perumahan dan persawahan. Struktur pelataran kompleks candinya yang sangat rendah membuat candi ini mudah tergenang oleh air. Sampai tahun 1997 sudah terdapat 24 situs candi yang ditemukan dalam kompleks ini, yang mana salah satunya adalah Candi Serut.

Berdasarkan hasil pemugaran yang coba dilakukan ditemukan bahwa candi ini pada masa Tarumanegara memang belum selesai dibangun. Saat kondisi candi belum seluruhnya beres, candi tersebut tertimbun tanah hingga saat ditemukan. Hal ini terlihat dari sisi dinding luar bangunan candi yang masih belum sepenuhnya terbentuk.

Ciri Ciri Bangunan

Kompleks percandian Batujaya memiliki sebuah keunikan. Semua situs candi yang ditemukan menghadap ke arah yang sama yaitu 50 derajat dari arah utara. Candi ini memiliki sebutan lain yaitu Candi Telagajaya Ia. Candi ini seringkali memang tidak disebutkan di dalam kompleks Batujaya. Mengapa demikian? Karena kondisi candi ini terlihat tidak atau belum dipugar.

Candi Telagajaya Ia memiliki struktur bangunan yang tampak miring. Arah depan candi memiliki permukaan yang lebih tinggi dibandingkan bagian belakang sehingga candi ini terlihat mendongak ke atas. Penyebab candi ini miring diduga karena struktur tanah dan lingkungan yang kurang bagus karena memang kompleks candi ini mudah terendam air.

Sebenarnya banyak hal unik yang dapat ditemukan pada Candi Telagajaya Ia, seperti fisik bangunan utamanya serta keberadaan pagar candi yang hanya terdapat pada bagian halaman depan serta keanekaragaman artefak di sekitarnya. Namun memang untuk pemugarannya sedikit terhambat karena terdapat pro dan kontra.

Bagi orang yang kurang setuju dengan pemugarannya memiliki alasan jika nantinya dilakukan pemugaran maka ditakutkan akan menghilangkan fakta bahwa Candi Serut atau Candi Telagajaya Ia memang dulunya tidak selesai dibangun. Namun memang untuk orang yang pro pemugaran akan beranggapan bahwa kondisi candi akan semakin hancur jika tidak diperbaiki.

Lokasi dan Rute Menuju Candi Telagajaya Ia

Candi Telagajaya Ia merupakan salah satu candi yang berada di wilayah Jawa Barat. Lebih tepatnya candi ini berada di sekitar Desa Telagajaya, Kecamatan Pakisjaya, Karawang. Secara administratif situs ini terletak diantara dua desa yaitu Desa Segaran dan Desa Telagajaya. Situs Batujaya ini berada di ujung karawang dengan jarak sekitar 6 km dari garis pantai utara Jawa Barat.

Bagi anda yang tertarik untuk mengunjungi Candi Telagajaya Ia dan melihat keunikannya, anda dapat menempuh jarak sekitar 43 kilometer ke arah utara dari pusat Kota Karawang. Disana anda tidak hanya dapat melihat Candi Serut saja, anda dapat melihat berbagai candi lain dan artefak yang berada di Situs Batujaya yang tidak kalah menarik.

Demikianlah ulasan singkat mengenai Candi Talagajaya Ia. Anda dapat mengunjunginya untuk dapat lebih mengenal sejarah di masa Kerajaan Tarumanegara. Anda juga bisa menyempatkan diri untuk berkeliling melihat candi lainnya yang berada satu kompleks dengan Candi Telagajaya Ia seperti Candi Jiwa, Candi Kukus, dan Candi Blandongan.

3
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x