CENTO, Latar Belakang, Anggota dan Runtuhnya Organisasi

Rahmad Ardiansyah

CENTO dibentuk pada tahun 1955 di Bagdad, Irak. CENTO merupakan pakta pertahanan yang dibuat oleh Amerika Serikat di Timur Tengah. Awalnya organisasi ini bernama Pakta Bagdad. Adanya Perang Dingin menyebabkan wilayah Timur Tengah tidak luput dari ajang perebutan pengaruh dua blok yang bertentangan. Untuk mencegah penyebaran ideologi komunisme mendorong Amerika Serikat memprakarsai pembentukan pakta pertahanan di Timur Tengah.

Adanya ketidakharmonisan hubungan antarnegara anggota CENTO menyebabkan CENTO tidak banyak berkembang dan akhirnya memudar. Dalam CENTO diwarnai dengan krisis kepercayaan negara-negara di Timur Tengah terhadap Inggris dan Amerika Serikat. Adanya keterlibatan Inggris dan Prancis dalam krisis Terusan Suez dengan Mesir serta intervensi Amerika Serikat dalam dinamika politik di Lebanon berakibat negara-negara Timur Tengah yang lain enggan bergabung dengan CENTO. Keterlibatan Inggris dan Amerika Serikat dalam permasalahan di kawasan Timur Tengah membuat Irak keluar dari keanggotaan CENTO pada tahun 1958, kemudian markas CENTO dipindah ke Ankara, Turki. Keluarnya Irak disusul oleh Iran.

Adapun keluarnya Iran dari keanggotaan CENTO dipicu oleh memburuknya hubungan kedua negara pasca-Revolusi Islam Iran pada tahun 1979. Pakistan juga keluar dari keanggotaan CENTO karena CENTO tidak memberi bantuan kepada Pakistan saat Pakistan berkonflik dengan India. Selanjutnya secara resmi CENTO membubarkan diri pada tahun 1979.

Bagikan:

Tags

Rahmad Ardiansyah

Perkenalkan, saya Rahmad Ardiansyah, S.Pd. Guru lulusan pendidikan sejarah Universitas Negeri Semarang. Sejak menjadi pelajar saya hobi terkait IT terkhusus pengelolaan blog. Selain mengelola website Idsejarah.net, saya juga menjadi admin web mgmpsejarahsmg.or.id, admin web sma13smg.sch.id sekaligus menjadi salah satu penulis LKS di Modul Pembelajaran MGMP Sejarah SMA Kota Semarang. Saat ini saya sedang menjalankan program Calon Guru Penggerak angkatan 10. Projek web Idsejarah.net saya harapkan akan menjadi media untuk mempermudah guru sejarah dalam mengakses artikel, video, dan media pembelajaran terkait pembelajaran sejarah. Website ini akan terus dikelola dan dikembangkan agar semakin lengkap. Kedepannya besar harapan saya untuk mengembangkan aplikasi android untuk guru sejarah. Selain mengelola website, saya juga aktif mengelola channel Youtube Idsejarah sebagai media berekspresi platform video online.

Leave a Comment

Bantu kami untuk lebih berkembang dengan subcribe channel youtube idsejarah