Rahmad Ardiansyah Guru Sejarah di SMAN 13 Semarang sekaligus penghobi blog

Museum Ranggawarsita, Semarang

Museum Ranggawarsita terletak di Jl. Abdulrachman Saleh No 1, Semarang. dengan koleksi benda – benda bersejarah baik asli maupun replika khususnya yang ditemukan di lingkup Jawa Tengah. Nama Ranggawarsita berasal dari nama seorang pujangga yang berasal dari Jawa yang hidup pada abad ke 19 yang merupakan ahli nujum Keraton Kasunanan Surakarta. Karyannya dikenal luas dan banyak dikutip pada Serat Kalatidha yang merupakan buku atau catatan tentang zaman yang penuh ketidakpastian.

Terdapat beberapa gedung di Museum Ranggawarsita diantaranya auditorium, perpustakaan, laboratorium, gudang serta taman. Terdapat empat gedung utama di Museum Ranggawarsita dan kesemuanya masing – masing memiliki dua lantai. Terdapat 59.802 koleksi di Museum Ranggawarsita dari mulai peninggalan masa prasejarah hingga masa memperjuangkan kemerdekaan, jumlah tersebut mungkin akan terus bertambah seiring dengan penemuan – penemuan yang kemudian dipindah ke museum ini..

Bagian depan Museum Ranggawarsita berupa bangunan joglo khas Jawa Tengah. Sebelah kiri bangunan joglo terdapat kereta yang ditarik empat kuda dengan ksatria yang menunggangi dengan membawa panah. Sebalah kiri dan kanannya terdapat arca dwarapala yang seolah menjaga bangunan Ranggawarsita.

Museum Ranggawarsita mulai dibangun pada tahun 1975 dan diresmikan pada tanggal 5 Juli 1989 diatas tanah seluas 2 Ha. Arsitek dari bangunan Museum Ranggawarsita adalah Ir. Totok Rusmanto dari UNDIP. Terdapat beberapa gedung di museum ini dengan klasifikasi benda – benda tertentu.

Gedung A lantai 1 merupakan ruang sejarah alam dengan koleksi kosmologis, geologi dan geografika serta ekologi. Sedangkan pada lantai 2 Gedunga A merupakan ruang palaeontologi, palaeobotani, palaeozoologi dan palaeoantropologika. Gedung B lantai 1 merupakan sejarah peradaban kebudayaan dengan koleksi masa Hindu Buddha, Islam, Eropa dan kraton. Sedangkan pada lantai 2 Gedung B menyimpan koleksi benda purbakala dari zaman batu, zaman logam dan peradaban polinesia. Gedung C merupakan ruang perjuangan bangsa dan etnografi. Gedung D lantai 1 merupakan ruang era pembangunan dan pada lantai 2 merupakan ruang kesenian.


Informasi mengenai Museum Ranggawarsita
Jl. Abdulrahman Saleh No 1, Semarang.
Telp. (024) 7602389
Fax. (024) 7602389
Buka Selasa – Minggu dari jam 8.00 – 15.30. Senin tutup.
Tarif masuk Rp 4.000,- per orang

Video Museum Ranggawarsita

Beberapa Foto di Museum Ranggawarsita

Nilai artikel ini

Rata - rata 0 / 5. Total voting 0

Jadilah orang pertama yang memvoting

Rahmad Ardiansyah Guru Sejarah di SMAN 13 Semarang sekaligus penghobi blog

Museum Mpu Tantular

Museum Mpu Tantular terletak di Jl. Raya Buduran, Kec. Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur. Museum Mpu Tantular didirikan oleh seorang warga Surabaya berkebangsaan Jerman bernama...
Rahmad Ardiansyah
52 sec read

Museum Joang 45

Museum Joang 45 terletak di Jl. Menteng Raya No. 31, RT 1/RW 10, Kb. Sirih, Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Pada masa penjajahan...
Rahmad Ardiansyah
1 min read

Sejarah Museum Kebangkitan Nasional

  Museum Kebangkitan Nasional memiliki sejarah panjang dan sangat menarik untuk dipelajari. Gedung Museum Kebangkitan Nasional didirikan pada tahun 1899 diatas tanah seluas 15.742...
Rahmad Ardiansyah
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *