Sejarah Peristiwa Tanjung Morawa

Rahmad Ardiansyah

Peristiwa Tanjung Morawa merupakan sebuah peristiwa berdarah yang terjadi pada masa Kabinet Willopo. Peristiwa ini terjadi pada tanggal tanggal 17 Oktober 1953 di Desa Perdamaian, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Latarbelakang dari peristiwa Tanjung Morawa adalah isu pertanahan, SARA serta hubungan industrial (perburuhan).

Peristiwa Tanjung Morawa diawali dari sikap pemerintah yang ingin mendirikan sawah percontohan bagi masyarakat di tempat yang dahulu merupakan lahan perkebunan tembakau. Tanah tersebut merupakan tanah yang ditengarai milik penggarap liar dan diduduki oleh penduduk asing.

Upaya pemindahan masyarakat telah dilakukan namun terkendala oleh penolakan serta dibantu oleh organisasi Barisan Tani Indonesia (BTI) hingga Partai Komunis Indonesia (PKI). Kontak fisik terjadi dan menimbulkan korban luka. Akibat peristiwa ini Kabinet Wilopo kehilangan dukungan dan kehilangan mandatnya.

Bagikan:

Tags

Rahmad Ardiansyah

Perkenalkan, saya Rahmad Ardiansyah, S.Pd. Guru lulusan pendidikan sejarah Universitas Negeri Semarang. Sejak menjadi pelajar saya hobi terkait IT terkhusus pengelolaan blog. Selain mengelola website Idsejarah.net, saya juga menjadi admin web mgmpsejarahsmg.or.id, admin web sma13smg.sch.id sekaligus menjadi salah satu penulis LKS di Modul Pembelajaran MGMP Sejarah SMA Kota Semarang. Saat ini saya sedang menjalankan program Calon Guru Penggerak angkatan 10. Projek web Idsejarah.net saya harapkan akan menjadi media untuk mempermudah guru sejarah dalam mengakses artikel, video, dan media pembelajaran terkait pembelajaran sejarah. Website ini akan terus dikelola dan dikembangkan agar semakin lengkap. Kedepannya besar harapan saya untuk mengembangkan aplikasi android untuk guru sejarah. Selain mengelola website, saya juga aktif mengelola channel Youtube Idsejarah sebagai media berekspresi platform video online.

Leave a Comment

Bantu kami untuk lebih berkembang dengan subcribe channel youtube idsejarah